Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2012, 08:31 WIB

TANYA :

Beberapa bulan lagi saya akan menikah, tetapi beberapa minggu belakangan saya telah melakukan hubungan seks dengan calon suami. Yang jadi pertanyaan saya, mengapa saya tidak berdarah ya Prof? Padahal, saya baru pertama kali melakukan. Calon suami pun menanyakan hal yang sama, dia pun bilang bahwa miss V saya tidak "keset" seolah olah sudah pernah melakukan sebelumnya.

Saya juga hanya merasakan sakit dan perih biasa saja. Ada apa dengan saya ya dok? Apakah itu normal? Sebagai informasi, sewaktu kecil saya sering jatuh dari sepeda. Di samping itu ketika kuliah saya juga ikut beladiri. Apakah itu berpengaruh Prof? Mohon bantuannya untuk mengusir kegalauan saya, juga menghilangkan prasangka calon suami. Terimakasih atas bantuannya. 

(Misan, 29, Tangerang)
 
JAWAB :

Sudah beberapa kali masalah seperti ini disampaikan pada rubrik ini. Memang perempuan tidak harus mengeluarkan darah ketika melakukan hubungan seksual pertama kali.

Perdarahan terjadi kalau perempuan tidak cukup terangsang, apalagi mengalami hambatan psikis seperti takut terjadi sesuatu.

Tetapi kalau perempuan cukup terangsang dan tanpa hambatan psikis sama sekali, perdarahan tidak akan terjadi.

Jatuh dari sepeda atau olahraga bela diri, saya pikir tidak ada pengaruh ke selaput dara. Tentu saja suami perlu mendapat penjelasan mengenai ketidakmengertiannya itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com