Selasa, 28 April 2015

Health

Parkir di Bandara Hang Nadim Kacau

Sabtu, 14 Juli 2012 | 16:33 WIB

BATAM, KOMPAS.com- Pengelola Bandara Hang Nadim, Batam, diharapkan membenahi penataan parkir. Selama ini, pengelola terkesan membiarkan kendaraan diparkir di jalan-jalan akses.

Pada Sabtu (14/7/2012), misalnya, puluhan kendaraan diparkir di depan terminal. Tanda larangan parkir sama sekali diabaikan, baik oleh mobil pribadi, mobil angkutan umum, dan TNI/Polri. Mobil-mobil parkir di jalan depan terminal kedatangan dan keberangkatan. Akibatnya, hanya tersedia satu dari tiga lajur jalan akses terminal.

Penyempitan itu membuat penjemput dan pengantar kesulitan mendekati terminal. Para penumpang juga sulit jika harus masuk atau keluar terminal. Sebab, kendaraan pengantar atau penjemput mereka tidak bisa mendekati terminal.

Meski parkir di tempat terlarang, tidak satupun petugas bandara menegur pengemudi yang melanggar. Akibatnya, semakin banyak pengemudi memarkir kendaraan di jalan depan terminal. Sementara itu lahan parkir justru kosong.

Berdasarkan pemantauan Kompas, kekacauan itu paling sedikit sudah terlihat sejak Januari 2012. Namun, sampai sekarang tidak ada pembenahan dari pengelola bandara.

Penulis: Kris R Mada
Editor : Marcus Suprihadi