Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2012, 10:04 WIB

KOMPAS.com - Panjang pendeknya usia memang sudah digariskan Yang Kuasa, tetapi ada juga pendapat yang mengatakan bahwa bulan kelahiran mungkin ikut berpengaruh. Orang-orang yang lahir di musim gugur atau sekitar bulan September sampai November pada umumnya lebih panjang umur.

Diungkapkan oleh Leonid A. Gavrilov, Ph.D., dan Natalia S. Gavrilova, Ph.D., dari University of Chicago, dalam Journal of Aging Research, orang yang bisa mencapai usia 100 tahun kebanyakan lahir pada bulan September sampai November. Penelitian mereka dilakukan pada 1.574 centenarian (orang yang berusia diatas 100 tahun) yang lahir di Amerika Serikat antara tahun 1880 dan 1895.

Peneliti juga membandingkan data antara peserta yang berusia lebih dari 100 tahun dengan individu yang usia hidupnya lebih pendek (10.855 orang) dan 1.083 pasangan yang tidak teramati bersama, sejak masa kanak-kanak atau dewasa serta latar belakang genetik yang umum.

Para peneliti menemukan hubungan yang signifikan antara bulan kelahiran dan umur panjang, terutama pada mereka yang lahir sebelum tahun 1899. Individu yang lahir pada bulan September sampai November lebih mungkin untuk menjadi centenarians (hidup 100 tahun) dibandingkan dengan individu yang lahir pada bulan Maret.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa bulan kelahiran memiliki efek pada umur panjang yang dapat bertahan setelah mengendalikan lingkungan di masa kecil bersama. Hasil studi ini juga menunjukkan bahwa kondisi lingkungan mungkin memiliki efek jangka panjang pada penuaan manusia dan umur panjang," jelasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com