Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Puasa, BPOM Perketat Pengawasan Pangan

Kompas.com - 16/07/2012, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali melakukan intensifikasi pengawasan terhadap produk pangan jelang bulan Ramadhan. Dalam operasinya, BPOM akan melakukan pemeriksaa ke sarana distribusi dan melakukan sampling produk pangan jajanan selama bulan Ramadhan.

Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan BPOM Suratmono mengatakan, untuk jajanan buka puasa, pihaknya sudah menginstruksikan agar fokus pengawasan ditujukan pada produk-produk mengalami peningkatan permintaan di bulan Ramadhan. Selain itu juga pada produk cuci gudang, misalnya, produk tanpa izin edar yang ilegal, produk kedaluarsa, dan produk rusak yang sudah karatan atau penyok.

"Barang-barang itu seharusnya diretur (kembalikan), tapi karena ada permintaan yang tinggi, kadang makanan yang sudah kadaluarasa disisipkan. Jadi modusnya macam-macam," katanya, saat acara media gathering bertema 'Pengawasan Keamanan Pangan', Senin, (16/7/2012), di Jakarta.

Suratmono memaparkan, dari hasil temuan Badan POM mengenai produk yang tidak memenuhi ketentuan sejak tahun 2009-2011, paling banyak ditemukan adalah pangan tanpa izin edar. Sementara temuan terkait pangan kedalurasa umumnya lebih banyak di daerah-derah terpencil, seperti misalnya Jayapura, Ambon, Kupang, yang transportasi serta sumber daya manusianya terbatas.

"Yang jelas bagi konsumen baca lebelnya, cek tanggal kadaluarsa masih berlaku enggak," tegasnya.

Suratmono menyadari bahwa demand atau permintaan masyarakat menjelang puasa dan lebaran akan meningkat sampai 20 persen atau lebih ketimbang hari-hari biasanya. Inilah yang menjadi alasan mengapa Badan POM perlu memberi perhatian dan pengawasan lebih intensif terhadap segala macam peredaran produk pangan.

"Anggapan di masyarakat selama ini, Badan POM itu bekerja hanya jelang puasa. Padahal, kita terus melakukan pengawasan bukan hanya menjelang puasa saja," kata Suratmono,

Salah satu upaya nyata yang saat ini sudah dilakukan Badan POM adalah mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia melalui advokasi tentang pangan yang baik. Bahkan untuk saat ini, kata Suratmono, BPOM  sudah mendidik sekitar 2.800 tenaga penyuluh keamanan pangan dan termasuk diantaranya tenaga DFA (Distrik Food Administration) untuk mengawasi peredaran makanan jelang puasa.

"Kita masih rutin setahun dua kali ambil sampel, hasilnya kita sampaikan ke dinas terkait di kabupaten/kota," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com