Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih-Pilih Beli Alat Tes Gula Darah Mandiri

Kompas.com - 17/07/2012, 15:09 WIB
Indira Permanasari S

Penulis

  JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penderita diabetes, alat tes mandiri kadar gula darah atau glukosa meter penting untuk memonitor kesehatan tubuh. Di pasaran tersedia begitu banyak ragam glukosa meter yang biasanya berbentuk mungil sekepalan tangan dilengkapi jarum penusuk jari dan strip pengambil sampel darah. Namun, terdapat sejumlah persyaratan dari sebuah glukosa meter yang harus diperhatikan.

Dokter spesialis patologi klinik dari RS Dharmais, Agus S Kosasih berpendapat, hal penting dalam memilih glukosa meter ialah keakurasian dan presisi alat. "Ini merupakan standar kualitas paling penting yang harus dimiliki sebuah alat tes mandiri gula darah," ujarnya dalam acara media briefing bertajuk Manfaat dan Batasan Tes Gula Darah Mandiri yang diselengarakan Roche, Selasa (17/7/2012) .

Keakurasian atau ketepatan menunjukkan seberapa dekat hasil tes yang diperoleh dari alat dibandingkan dengan hasil laboratorium yang terstandarisasi ( true value). "Guna mengecek keakurasian alat, pemilik alat dapat membandingkan dengan hasil pemeriksaan laboratorium. Tidak boleh mambandingkannya dengan alat sejenis," ujarnya.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah presisi dan konsistensi yang merupakan derajat ketelitian alat. Jika dilakukan tes berulang kali, alat selalu menghasilkan nilai gula darah yang hampir sama.

Di samping itu, tak kalah penting ialah layanan purna jual karena alat dipakai dalam jangka waktu panjang. Adanya registrasi dari badan pengawas seperti Food and Drug Administration (FDA ) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika akan memperkuat.   

 

 

Cek glukosa meter

Glukosa meter pun harus selalu dicek kinerjanya. Pengecekan elektronis dikenal juga sebagai kalibrasi, biasaya terjadi secara otomatis setiap kali menghidupkan alat. Jika terdapat kesalahan, akan muncul kode error di layar.

Kinerja alat dapat pula dicek dengan menggunakan larutan kontrol. Larutan kontrol merupakan larutan yang sudah diketahui nilainya. Sebuah larutan bernilai 100, misalnya, jika dicek menggunakan alat tersebut juga akan menampilkan nilai 100. "Larutan kontrol ini biasaya disediakan dan dapat diperoleh dari produsen alat," ujarnya.

Untuk menjaga keakuratan hasil pemeriksaan glukosa meter, jangan meletakkan alat dekat sumber elektromagnettik, seperti ponsel, televisi, dan speaker yang dapat mempengaruhi pembacaan. Selain itu, tabung penyimpanan strip pengambil sampel darah jangan dibiarkan terbuka. Keluarkan hanya satu strip yang akan dipakai, dan cek kinerja alat secara berkala. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com