Senin, 3 Agustus 2015

Health

Kopi Gula Aren bagi Penderita Diabetes

Kamis, 19 Juli 2012 | 16:29 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dengan kreativitas hal sederhana menjadi terasa istimewa. Sari Nira Coffee atau kopi gula aren misalnya, selain nikmat dengan rasa khas gula aren, minuman ini juga kaya zat besi dan rendah glikemiks sehingga cocok bagi penderita diabetes.

Sang kreator kopi gula aren, Rehan Abdullah, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, UGM mengatakan, ide untuk membuat kopi gula aren muncul setelah melihat banyak anak-anak muda yang nongkrong di kafe dan restoran makanan siap saji sambil menikmati kopi dengan pemanis brown sugar atau gula pasir yang diimpor dari luar negeri.

"Padahal bahan baku brown sugar berasal dari gula semut dari Indonesia yang diolah di Singapura. Berangkat dari keprihatinan ini kemudian saya mencoba menghubungi para petani penyadap nira di perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta, untuk diajak mengolah gula batok jadi gula semut," kata Rehan yang ditemui di sela pameran Research Week UGM, Kamis (19/7/2012).

Lebih lanjut Rehan mengatakan, kopi gula aren memiliki cita rasa kopi khas Indonesia dengan sensasi kopi robusta yang dipadu dengan gula aren Kristal kelas premium. Karena gulanya terbuat dari air nira, sehingga tercipta rasa khas gula aren dalam setiap sajiannya.

Namun tidak hanya cita rasa gula aren sebagai keunggulannya, kopi yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Gula aren diketahui menggandung kadar zat besi cukup tinggi dan tidak menaikkan kadar gula dalam darah sehingga cocok untuk minuman anti-diabetes.

"Gula semutnya kita ambil dari kualitas terbaik, dari Menoreh, Kulon Progo. Sedangkan krimernya dari lemak nabati gandum dan kopinya kita ambil jenis kopi robusta. Indeks glikemiks gula aren sangat rendah dibanding dengan gula tebu, sehingga sangat baik bagi penderita diabetes," katanya.

Kini gula semut tersebut dipasarkan dengan produk kopi gula aren "Kristal" dengan merk dagang Sari Nira Cofee. Setiap cup ukuran 32 gram dijual seharga Rp 2.500. Selain itu, bagi yang memesan khusus gula aren Kristal dengan ukuran 200 gram dijual dengan harga Rp 10 ribu. "Umumnya pesanan kita adalah kafe-kafe di Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Gresik dan Malang," katanya.

Editor : Farid Assifa