Selasa, 29 Juli 2014 15:39

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

5 Alasan Tak Perlu Memusuhi Kopi

Penulis : Bramirus Mikail | Sabtu, 21 Juli 2012 | 14:13 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com - Minum kopi memang bukan kebiasaan yang harus Anda mulai miliki. Tetapi bagi kebanyakan orang yang sudah terlanjur memiliki kebiasaan minum kopi, ada alasan mengapa Anda tak perlu meninggalakan hobi ini.


1. Baik untuk jantung

Banyak para ahli berpendapat bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang atau sekitar 1-2 cangkir per hari dapat memberikan manfaat kesehatan bagi jantung. Antioksidan dalam kopi diyakini mampu mengontrol peradangan (inflamasi) dalam arteri dan meningkatkan aliran darah. Ketika Anda minum kopi, tekanan darah dan denyut jantung memang akan meningkat. Tetapi dalam jangka panjang kondisi itu akan terkontrol. Antioksidan dalam kafein mampu mengaktifkan asam nitrat yang berperan meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah.

2. Menyembuhkan sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala yang buruk, cobalah minum secangkir kopi hangat. Tambahkan krim untuk menikmati setiap tegukan minuman hitam pekat ini. Ketika kafein menyentuh otak Anda, Anda akan menjadi aktif dan sakit kepala akan berada di bawah kontrol. Hal ini karena kafein mengaktifkan sel-sel otak dan membantumelawan rasa malas.

3. Menghindari kantuk

Kandungan kafein dalam kopi adalah unsur penting yang mampu mengontrol waktu tidur. Bagi mereka yang bekerja pada shift malam, secangkir kopi akan membantu membuat mata tetap terjaga selama 4-7 jam. Jadi, jika Anda ingin berkonsentrasi pada pekerjaan atau pelajaran, Anda bisa minum kopi tetapi jangan lebih dari 2 gelas.

4. Memperkuat memori

Beberapa riset telah membuktikan manfaat kopi dalam meningkatkan daya ingat. Kafein juga dapat membantu mengurangi risiko Alzheimer dan Parkinson berkat antioksidan yang hadir dalam kopi yang berfungsi meningkatkan neurotransmitter.

5. Perkecil risiko kanker prostat

Minum kopi secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat. Tidak ada anjuran bagi seseorang apakah harus minum kopi berkafein atau bebas kafein. Sebuah rekomendasi menyarankan agar pria minum minimal satu cangkir kopi setiap hari.

 


Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui