Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2012, 07:27 WIB

TANYA :

Dok,  saya ingin bertanya. Apakah secara medis atau psikologis benar ada orang yang memiliki kepribadian ganda? Kadang, saya merasa bahwa saya berkepribadian ganda dan saling berlawanan. Di hari yang sama, saya bisa sangat berani tapi beberapa jam kemudian bisa sangat takut dan pemalu. Atau saya bisa sangat pemarah, tapi sejam kemudian saya bisa merasa kasihan dan mudah tersentuh. Kadang saya bisa menjadi sangat ekstrovert tapi tak lama kemudian saya bisa menjadi sangat introvert. Apa kira-kira yang saya alami ya? Ada cara untuk bisa mengelola kejiwaan sehingga bisa mendukung kepada produktivitas saya? Terima kasih Dok.

(Novi, 23, Bandung)

JAWAB :

Novi yang baik,

Dalam ilmu kedokteran jiwa atau psikiatri ada diagnosis gangguan identitas disosiatif yang dulu lebih dikenal dengan sebutan Multiple Personality Disorder. Karakteristik dari gangguan ini adalah adanya dua atau lebih bentuk identitas kepribadian yang sama sekali berbeda yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda.

Apa yang dialami Novi saya rasa masih dalam bentuk reaksi emosional yang cenderung berubah-ubah sesuai dengan kondisi perasaan saat itu. Satu hal lagi yang perlu diwaspadai dari kondisi yang dialami Novi adalah suatu jenis gangguan suasana perasaan yang dinamakan Gangguan Bipolar.

Ini juga sering dialami dan karakteristik gejalanya mirip dengan apa yang dialami oleh Novi. Saran saya segera berobat ke psikiater agar mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan lebih lanjut.

Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com