Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2012, 15:37 WIB

KOMPAS.com - Hanya karena Anda tidak menjadi member di pusat kebugaran, tidak berarti Anda tidak dapat menjalani program latihan seperti yang diberikan para personal trainer untuk klien-kliennya. Karena, program latihan juga tidak selalu membutuhkan peralatan fitnes. Anda bisa memanfaatkan bobot tubuh Anda sendiri sebagai "beban" saat latihan.

Latihan sendiri tanpa pergi ke gym juga berlaku untuk Anda jika kebetulan Anda sedang dinas ke luar kota untuk beberapa minggu, sedang ada kesibukan yang tidak memungkinkan Anda menjalani latihan rutin, atau sedang liburan. Padahal, Anda tahu sendiri, absen latihan beberapa kali sering membuat rasa malas untuk latihan muncul kembali. Jika dibiarkan, lama-kelamaan Anda akan absen nge-gym seterusnya.

Sebelum melakukan program latihan, yang pertama perlu Anda perhatikan adalah mengetahui kondisi diri Anda sendiri. Apakah Anda suka dijamu dan menjamu relasi ketika sedang dinas ke luar kota, atau mencoba makanan lokal ketika sedang liburan? Hampir bisa dipastikan, jawabannya "ya".

Maka, buatlah perencanaan untuk latihan, misalnya: memastikan bahwa Anda meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga setiap hari. Meskipun latihannya tidak akan seintens saat bersama personal trainer di gym, paling tidak akan membantu Anda untuk tetap menjalankan kebiasaan latihan. Selain itu, latihan ringan juga membantu membakar energi yang masuk akibat berbagai jamuan makan yang Anda hadiri.

Jika Anda berniat untuk mulai berlatih rutin sendiri, coba lakukan program yang disusun oleh Michelle Mason, personal trainer dari Quick Fitness di Brooklyn, New York, dan penulis di situs Michelle Mason Fitness ini. Hanya dalam 30 menit, Anda bisa memaksimalkan latihan Anda dengan membakar banyak lemak. Tanpa perlu ruangan khusus, atau alat-alat fitnes seperti di gym.

1. Lakukan pemanasan selama lima menit dengan jogging, atau jalan di tempat sambil melakukan jumping jacks (melompatkan kaki ke kiri dan ke kanan sambil menepukkan kedua tangan di atas kepala).
2. Lakukan lima gerakan di bawah satu demi satu, dan hanya berhenti ketika memang diperlukan. Untuk menyelesaikan satu gerakan ini, seharusnya Anda hanya butuh waktu lima menit saja. Idealnya, Anda dapat menyelesaikan sedikitnya 3-5 gerakan secara total, namun Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi Anda. Siapa tahu Anda bahkan bisa melakukannya lebih cepat?

* Squats atau jump squats, 15-20 repetisi.
* Front lunges depan dan side lunges. Front lunges, artinya satu kaki direntangkan ke depan, lalu merundukkan badan dengan menekuk kaki yang di depan. Sedangkan side lunges artiya merentangkan satu kaki ke samping, lalu menekuk kaki dan merundukkan badan. Lakukan kedua jenis lunges ini dengan front lunges, diikuti langsung dengan side lunges. Lakukan 10 repetisi untuk satu kaki, lalu ganti dengan kaki yang lain untuk 10 repetisi.

* Push-ups, 15-20 repetisi.
forearm plank

* Tricep dips, 15-20 repetisi.
tricep dips

* Plank, 30-60 detik.
plank

 

* Peregangan.

FOTO-FOTO: SHUTTERSTOCK

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com