Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2012, 09:51 WIB

KOMPAS.com - Menyaksikan penampilan Anne Hathaway sebagai Selina Kyle atau Catwoman di film The Dark Knight Rises, yang terbayang dalam benak kita pastilah bagaimana ia membuat pinggangnya menjadi begitu ramping di dalam catsuit-nya. Rasanya, tak mungkin perempuan 31 tahun ini hanya mengandalkan korset.

Anne mempersiapkan penampilannya di film ini bersama pakar nutrisi Jackie Keller dan timnya di Nutrifit. Tim Keller mengembangkan program diet untuk membantu aktris yang pada dasarnya sudah langsing itu agar tampak lebih kencang dan ramping.

"Anne adalah vegetarian yang cenderung hanya makan sayuran. Selain daging, ia juga tidak makan keju, telur, atau ikan," kata Keller. "Jadi, kami menyusun pola makan yang membuatnya mampu mencapai tujuan tanpa memengaruhi pilihan makanannya."

Namun Keller menegaskan, diet tersebut tidak menimbulkan rasa lapar. Justru program dietnya berfokus pada makanan yang sehat dan mengandung antiperadangan, kaya antioksidan, yang membantu melawan peradangan dan radikal bebas dalam sistem tubuh. Peradangan adalah respons tubuh terhadap racun. Mengurangi peradangan dalam tubuh tidak hanya membantu kita tetap sehat, tetapi juga mengeluarkan rona kecantikan kita.

"Banyak makanan antiperadangan yang mengandung lemak sehat, yang berpengaruh baik untuk penghalang minyak alami pada kulit. Jika Anda kekurangan lemak baik ini, kulit bisa memproduksi jenis minyak yang malah mengganggu, dan mengacaukan wajah Anda yang berkilau," katanya.

Program diet yang mengandung antiperadangan seperti yang dimaksud Keller adalah sebagai berikut:

Hindari makanan yang dapat memicu respons peradangan pada tubuh:
* Roti putih dan nasi putih
* Daging merah, atau daging apa pun yang tinggi kadar lemak jenuhnya
* Gula atau permen
* Makanan olahan
* Sayuran yang mengandung alkaloid, seperti bawang, kentang, terong, tomat, dan paprika. Bagi sebagian orang, jenis sayuran ini dapat menyebabkan peradangan.

Sebaliknya, konsumsi makanan yang dapat membantu tubuh melawan peradangan berikut ini:
* Ikan. Konsumsi ikan dengan lemak baik seperti salmon dan sarden.
* Minyak zaitun. Sedikit minyak zaitun saja bisa membeirkan lemak tak jenuh tunggal yang dapat meredakan peradangan.
* Kacang dan selai kacang. Selain mengandung lemak baik, makanan ini juga menjadi sumber protein yang baik jika Anda tidak makan daging.
* Almon, yang juga mengandung banyak lemak sehat.
* Cokelat murni (dark chocolate). Mengonsumsi cokelat murni secara rutin dapat membantu mengurangi peradangan.
* Buah dan sayuran berwarna-warni. Ketimbang menikmati rainbow cake, lebih baik nikmati rainbow fruits yang didapat dari buah-buahan yang mengandung antioksidan, seperti wortel, jeruk, apel hijau, kale, dan lain sebagainya.
* Kunyit dan jahe. Kedua rempah ini juga mengandung senyawa antiperadangan yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com