Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2012, 10:26 WIB

 

TANYA :

Dok. Saya wanita berusia 26 tahun dan baru menikah 2 minggu lalu. Saya ingin bertanya, kenapa pada saat saya dan suami ingin melakukan hubungan seks, saya merasakan takut karena saya berasumsi pada saat berhubungan seks pertama kali akan terasa sakit pada bagian vagina. Sampai sekarang saya dan suami belum juga berhasil. Kami sudah mencobanya tapi setelah itu vagina terasa nyeri dan sakit. Pada saat suami saya mencoba mendorong ke dalam, rasanya sakit sehingga suami saya memilih untuk tidak melanjutkan. Bagaimana dok cara menghilangkan rasa takut saya itu, dan bagaimana triknya agar pada saat berhubungan seks saya tidak merasakan sakit pada vagina?

(Merry, 26, Bekasi)

 

JAWAB :

Untuk menghilangkan rasa takut Anda, tidak ada jalan lain selain mengontrol diri Anda sendiri. Yakinlah bahwa hubungan seksual tidak harus menimbulkan rasa sakit. Bila perempuan cukup terangsang dan tanpa hambatan psikis apapun, maka hubungan seksual tidak mengakibatkan rasa sakit. Anda sendiri yang merasakan apakah Anda cukup terangsang atau tidak.

Kalau Anda merasa cukup terangsang, cobalah lakukan hubungan seksual dengan posisi Anda di atas. Tujuannya agar Anda yang mengatur gerakan hubungan seksual sesuai dengan yang Anda rasakan nyaman. Tetapi tentu suami harus mengetahui keadaan Anda dan sepakat mengenai posisi Anda di atas. Saya yakin suami akan sepakat karena ini menyangkut kehidupan seksual bersama.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com