Rabu, 26 November 2014 17:56

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Main Game Tingkatkan Fungsi Motorik Anak

Penulis : Bramirus Mikail | Kamis, 26 Juli 2012 | 11:01 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock
Buat aturan tegas bermain game untuk anak di bawah usia 13.
TERKAIT:

KOMPAS.com - Bermain game tidak selamanya berefek buruk buat anak-anak. Riset teranyar para peneliti di Deakin University mengungkapkan bahwa balita yang bermain video game interaktif, seperti Nintendo Wii, cenderung memiliki kemampuan motorik yang lebih baik.

Dalam kajiannya, peneliti bekerja sama dengan tim lain dari University of Wollongong, untuk melakukan studi percontohan kepada 53 anak usia pra-sekolah untuk melihat apakah ada hubungan antara bermain game dan kemampuan dasar gerakan anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kontrol, seperti menendang, menangkap, melempar bola, cenderung lebih baik pada anak-anak yang bermain game interaktif.

"Studi ini tidak dirancang untuk menilai apakah game interaktif benar-benar dapat mengembangkan keterampilan gerakan anak-anak. Hasilnya cukup menarik dan butuh eksplorasi lebih lanjut untuk mengetahui koneksi antara keduanya," kata Dr Lisa Barnett, peneliti utama riset.

Penelitian dilakukan pada tahun 2009 dan melibatkan 53 anak usia tiga sampai enam tahun. Tingkat aktivitas fisik dan keterampilan gerakan anak-anak dipantau. Sementara orang tua mereka di minta untuk memberikan laporan berapa lama waktu yang dihabiskan anak mereka bermain game interaktif (misalnya, Nintendo Wii/ EyeToy) dan video game yang pasif (misalnya, Nintendo DS/ Game Boy) selama seminggu.

Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu bermain game interaktif lebih kompeten dalam kemampuan mengontrol objek (menendang, menangkap, dan memantulkan bola), tetapi tidak ada hubungan dengan keterampilan lokomotor (melompat dan berjalan).

Barnett mengatakan, meskipun ada hubungan antara bermain game interaktif dengan kemampuan motorik yang lebih baik, namun sulit untuk dijelaskan kenapa hal ini bisa terjadi.

"Bisa jadi anak-anak ini memiliki kemampuan objek kontrol yang lebih tinggi karena mereka bermain game interaktif yang dapat membantu untuk mengembangkan jenis keterampilan. Bermain game elektronik interaktif juga dapat membantu koordinasi mata-tangan," tambahnya.

Hasil temuan ini dipublikasikan dalam journal Perceptual dan Motor Skill.

 


Sumber :
Editor :
Pepih Nugraha

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui