Senin, 22 September 2014 01:10

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

4 Cara Simpel Biar Awet Muda

Penulis : Bramirus Mikail | Kamis, 26 Juli 2012 | 19:38 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ingin terlihat selalu cantik, tampan dan awet muda. Namun, kita harus sadar bahwa menjadi tua adalah suatu proses alamiah yang tidak mungkin dapat dihindari.

Namun bukan berarti bahwa penuaan tidak bisa dicegah. Ada beberapa tips sederhana yang mungkin bisa Anda ikuti agar penuaan tidak terjadi secara dini sehingga Anda selalu tampak awet muda. Tips sederhana ini diungkapkan oleh managing editor rubrik kesehatan Fox News, Dr Manny Alvarez, berikut ini:

1. Selalu memakai tabir surya


Memakai tabir surya setiap hari akan mengurangi efek berbahaya dari paparan sinar matahari terhadap kulit Anda. Senantiasa menjaga kulit tetap sehat, akan membuat penampilan Anda terlihat lebih awet muda.

Gunakan produk tabir surya yang memberikan perlindungan terhadap kulit Anda dari sinar UVA dan UVB. Hal ini untuk memastikan Anda terhindar dari risiko kanker kulit dan penuaan.

2. Diet mediterania


Diet mediterania adalah pola makan dengan mengonsumsi ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. Beberapa penelitian bahwa telah menunjukkan manfaat dari pola diet ini dalam memperlambat penuaan pikiran/otak. Diet mediterania juga terkait dengan rendahnya risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker tertentu.

3. Melatih otak


Sama seperti organ tubuh manusia lainnya, otak juga perlu dilatih agar terus terjaga kesehatannya. Banyak cara untuk melatih otak tetap awet muda, misalnya, bermain teka-teki silang atau membaca buku. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan beberapa aktivitas fisik di sela-sela kesibukkan Anda.

4. Mengurangi stres


Sering merasa cemas atau khawatir yang berlebihan akan mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan. Jika Anda stres, Anda akan terlihat jauh lebih tua.

Hal itu setidaknya dibuktikan secara ilmiah lewat temuan para ahli di Boston Brigham and Women Hospital . Mereka melakukan analisa sampel darah yang diambil dari 5.243 perawat berusia paruh baya. Mereka menemukan bahwa wanita yang memiliki kecemasan pada level tertinggi, secara signifikan memiliki telomere lebih pendek.

Telomere adalah sekuens DNA yang terdapat pada ujung kromosom yang menjaga DNA dari penguraian. Memendek atau rusaknya telemore ditentukan dari seberapa banyak sel bisa membelah. Telomeres yang lebih pendek dianggap sebagai tanda penuaan dipercepat.


Sumber :
FOX NEWS
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui