Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Makanan Kedaluwarsa Masih Beredar di Minimarket

Kompas.com - 26/07/2012, 23:50 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

GOWA, KOMPAS.com -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gowa menemukan makanan kaleng maupun snack impor dari Cina yang kedaluwarsa masih dijual di minimarket. Penemuan ini diungkapkan Kepala Disperindag Taufik Mursad kepada wartawan, Kamis (26/7/2012).

"Kami langsung sita produk tersebut dan kami amankan sebagai barang bukti di kantor Disperindag saat ini," kata Taufik.

Dengan adanya temuan ini, pihak Disperindag menurunkan tim bidang perdagangan untuk membedah pasar maupun minimarket-minimarket yang ada di kota Sungguminasa, Kamis (26/7/2012). Tim ini menyisir sejumlah minimarket seperti Alfa Mart di Jalan Masjid Raya, Wang Mart Jalan Usman Salengke, Mega Mart dan Indomaret di Jalan Mangka Dg Bombong serta Alfa Midi di Jalan Agussalim.

Khusus di Alfa Mart, Wang Mart, Mega Mart, dan Indomaret, tim tidak menemukan produk makanan kemasan dan kalengan yang kedaluwarsa. Tim hanya menemukan makanan dan minuman yang tanggal edarnya selisih sehari dari batas edar. Kendati yang ditemukan hanya produk yang beda sehari masa edarnya, namun tim Disperindag belum menyitanya.

"Tim kami masih solider, apalagi pemilik minimarket berjanji akan menyimpan semua barang yang sudah selisih satu hari masa edar itu. Dengan begitu, tim tetap melakukan ricek setiap hari untuk mengantisipasi spekulan nakal yang mungkin saja kembali akan menawarkan barang yang sudah tidak layak jual," tegas Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com