Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Boleh Berjilbab? Atlet Judo Arab Saudi Ancam Mundur

Kompas.com - 30/07/2012, 19:54 WIB
Anmaria Redi Pinta Dasyanti

Penulis

JEDDAH, KOMPAS.com — Atlet judo perempuan asal Arab Saudi berencana akan menarik diri dari Olimpiade 2012 jika dalam pertandingan nanti ia tidak diizinkan mengenakan jilbab atau kerudungnya. Wojdan Ali Seraj Abdulrahim Shaherkani adalah satu dari dua atlet judo perempuan pertama yang dikirim Arab Saudi untuk tampil di olimpiade.

Shaherkani akan bersaing dalam kelas +78 kilogram pada hari Jumat (3/8/2012) mendatang. Seorang pejabat Saudi mengatakan sebelumnya bahwa pada bulan ini atlet wanita harus mematuhi kode etik berpakaian secara islami.

Namun, pekan lalu Presiden International Judo Federation (IJF), Marius Vizer, mengatakan bahwa Shaherkani harus berkompetisi tanpa menggunakan jilbab untuk mematuhi "prinsip dan semangat judo".

Dikutip dari edisi mingguan Al-Watan Arab Saudi, ayah Shaherkani mengatakan via telepon bahwa putrinya tidak akan bersaing dalam Olimpiade Judo pada 3 Agustus 2012 jika panitia bersikeras bahwa Shaherkani harus melepas jilbabnya.

Ayahnya juga mengatakan, sampai saat ini belum ada lagi kejelasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) tentang masalah tersebut. Juru bicara IJF, Nicolas Messner, mengatakan, penggunaan jilbab dilarang demi alasan keamanan.

Peraturan ini sebagai antisipasi jika pejudo mencoba mencekik lawannya menggunakan judoki atau kit. Selain itu, penggunaan jilbab juga dikatakan bisa memungkinkan kesalahan-kesalahan bergerak selama bertanding. "Ini bisa berbahaya. Saat bergerak, sesuatu yang salah bisa terjadi," kata Messner.

Partisipasi perempuan dalam olahraga memang telah lama menjadi kontroversi di Arab Saudi. Para ulama muslim konservatif memandang hal ini tidak sopan dan bertentangan dengan kodrat perempuan.

Arab Saudi adalah satu dari tiga negara muslim yang tidak pernah mengirimkan atlet wanitanya ke olimpiade. Tahun ini adalah kali pertama mereka mengirimkan atlet perempuannya ke olimpiade yang diselenggarakan di kota London, Inggris.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com