Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2012, 09:39 WIB

Kompas.com - Sebagian orang memandang kehamilan di usia matang cukup beresiko, namun menurut studi terbaru ada keuntungan positif dari menunda kehamilan. Makin matang usia seorang wanita saat melahirkan, makin rendah risikonya terkena kanker endometerial.

Kesimpulan tersebut dihasilkan dari penelitian berskala besar yang dipimpin oleh V.Wendy Setiawan, asisten profesor kedokteran preventif dari Universitas Southern California.

Setiawan mengumpulkan data dari 17 studi yang melibatkan 8.671 kasus kanker endometrial dan 16.562 orang dalam kelompok kontrol. Setelah mempertimbangkan risiko kanker yang umum, para peneliti menemukan bahwa wanita yang melahirkan anak bungsunya di usia 40 tahun memiliki risiko kanker 44 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan wanita yang memiliki bayi sebelum usia 25 tahun.

Bahkan wanita yang melahirkan di usia lebih dari 40 tahun risikonya lebih rendah lagi. Di usia 70 tahun, wanita-wanita tersebut juga beresiko terkena kanker endometrium lebih rendah 33 persen.

Rendahnya risiko tersebut belum diketahui penyebabnya. Tetapi ada dugaan wanita yang melahirkan di usia matang itu mulai hamil dengan kondisi endometrium yang sehat. Atau kehamilan menyebabkan hilangnya sel-sel prakanker yang biasanya muncul di usia paruh baya.

"Ada mekanisme protektif di sini, setidaknya pada tipe kanker tertentu. Jika kita bisa mengetahui apa mekanismenya kita akan memahami bagaimana ini terjadi sehingga kanker bisa dicegah," kata Dr.Setiawan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com