Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbuka Puasa dengan Cita Rasa Kairo...

Kompas.com - 01/08/2012, 15:49 WIB
Icha Rastika

Penulis

KOMPAS.com - Apa rasanya berbuka puasa dengan sajian khas Timur Tengah? Membayangkannya saja sudah menggugah selera apalagi langsung mencicipi hidangan hasil racikan koki yang didatangkan langsung dari Kairo, Mesir? Hmmm… Penasaran kan?

Untuk dapat mencobanya, Anda tidak perlu jauh-jauh terbang ke Mesir. Restoran Season Café di Hotel Four Season, Kuningan, Jakarta, menggelar promo hidangan berbuka puasa dengan menu khas Timur Tengah.

Kali ini, hidangan khas Mesir yang menjadi unggulannya. Koki Moustafa Talaat hadir menyajikan beragam hidangan ala Mesir untuk berbuka puasa di Season Cafe. Moustafa Talaat bukan sembarang koki.

Dia didatangkan khusus dari Kairo, tepatnya dari Four Season Kairo di Nile Plaza untuk menyajikan menu spesial yang berlangsung, 19 Juli sampai 18 Agustus 2012.

Sebagai pembuka, cobalah jus kurma asli Mesir yang dihidangkan bersama kue-kue manis berbahan dasar kurma dan kelapa. Warnanya yang seperti kopi susu menggugah rasa penasaran untuk segera menegak segelas jus kurma.

Ada dua jenis jus kurma yang dapat menjadi pilihan. Jika Anda penyuka sensasi asam, pilihlah jus kurma asam yang warnanya cokelat tua serupa teh. Rasanya, sama-sama menyegarkan, kok.

Selain jus kurma, Season Café menawarkan minuman khas Timur Tengah lainnya seperti karkade, jus yang diolah dari sari hibiscus (kembang sepatu), teh tarik, teh rasa mangga, dan lemon tea.

Untuk melengkapi kesegaran minuman-minuman pembuka itu, tersedia beragam kue-kue kecil dengan beragam warna, bentuk, dan rasa. Mulai dari yang umum ditemui di restoran-restoran seperti lemon tart, chocolate tart, butter cake, tiramisu, brownies, cheese cake, hingga kue khas Timur Tengah.

Kue khas Timur Tengah

Kurma, masih menjadi primadona untuk cita rasa kue khas Timur Tengah. Koki Moustafa menyajikan dates cake atau kue kurma untuk Anda berbuka puasa. Rasanya yang manis dan legit seolah melekat di mulut Anda.

Ada pula kue khas Timur Tengah lain seperti basima, cake berbahan dasar gandum yang diolah dengan kelapa. Lalu zalabia, donat kering serupa sus kering yang dibalut caramel.

Kemudian shaklaman, kue berbahan dasar kelapa, mentega, dan kacang, laleda, kue berwarna putih yang merupakan olahan kelapa dan gula, puding beras, serta umm ali atau puding roti dengan campuran kacang dan whipped cream.

Jika Anda pecinta kolak, Season Café juga menyajikan kolak ala Mesir. Namanya, Koshaf. Menurut Moustafa, Koshaf ibarat kolak di Indonesia. Isinya, terdiri dari buah-buahan seperti kurma, aprikot, dan plum. Berbeda dengan kolak, Koshaf tidak memakai santan kelapa, melainkan taburan kelapa parut yang rasanya tidak terlalu manis.

Koshary dan Roti Pita

Setelah mencicipi hidangan pembuka, tahan dulu nafsu Anda untuk menyantap menu utama. Dahulukanlah shalat magrib, baru setelahnya kembali untuk memanjakan lidah Anda dengan sajian menu utama ala Mesir di Season Café.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com