Jumat, 24 Oktober 2014 04:17
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Pengaruh Khitan pada Perkembangan Penis

Kamis, 2 Agustus 2012 | 10:21 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya, apakah khitan dapat mempengaruhi pertumbuhan ukuran penis seseorang? Apakah orang yang tidak dikhitan mempunyai ukuran penis yang lebih panjang? Dan sebaiknya umur berapa seorang anak laki-laki boleh di khitan? Terima kasih.

(Tegar, 21, Yogyakarta) 

 

JAWAB :   

Tidak ada bukti ilmiah bahwa khitan atau sunat dapat memengaruhi pertumbuhan penis. Artinya, ukuran penis tidak dipengaruhi oleh khitan atau tidak.

Perkembangan dan pertumbuhan penis dan bagian kelamin lainnya dipengaruhi oleh hormon testosteron. Jadi kalau hormon testosteron tidak berfungsi dengan baik, maka perkembangan dan pertumbuhan penis terganggu. Demikian juga bagian kelamin yang lain.

Mengenai usia berapa sebaiknya dilakukan khitan, tentu ada pertimbangan tradisi dan agama juga. Tetapi dari sudut kesehatan, usia yang baik untuk khitan barangkali harus mempertimbangkan agar anak tidak mengalami rasa takut atau trauma karena tindakan khitan.

Jadi sebaiknya pada usia ketika anak siap menerima tindakan khitan. Misalnya, anak usia 9 tahun tentu lebih mengerti dan siap dibandingkan anak usia 5 tahun.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui