Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2012, 10:21 WIB

TANYA :

Prof, saya ingin bertanya, apakah khitan dapat mempengaruhi pertumbuhan ukuran penis seseorang? Apakah orang yang tidak dikhitan mempunyai ukuran penis yang lebih panjang? Dan sebaiknya umur berapa seorang anak laki-laki boleh di khitan? Terima kasih.

(Tegar, 21, Yogyakarta) 

 

JAWAB :   

Tidak ada bukti ilmiah bahwa khitan atau sunat dapat memengaruhi pertumbuhan penis. Artinya, ukuran penis tidak dipengaruhi oleh khitan atau tidak.

Perkembangan dan pertumbuhan penis dan bagian kelamin lainnya dipengaruhi oleh hormon testosteron. Jadi kalau hormon testosteron tidak berfungsi dengan baik, maka perkembangan dan pertumbuhan penis terganggu. Demikian juga bagian kelamin yang lain.

Mengenai usia berapa sebaiknya dilakukan khitan, tentu ada pertimbangan tradisi dan agama juga. Tetapi dari sudut kesehatan, usia yang baik untuk khitan barangkali harus mempertimbangkan agar anak tidak mengalami rasa takut atau trauma karena tindakan khitan.

Jadi sebaiknya pada usia ketika anak siap menerima tindakan khitan. Misalnya, anak usia 9 tahun tentu lebih mengerti dan siap dibandingkan anak usia 5 tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com