Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2012, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Diet ketat sering menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Tetapi pada sebagian orang pembatasan makan ini justru menimbulkan efek samping seperti menurunnya metabolisme tubuh sampai berkurangnya energi untuk bekerja. Selain diet, sebenarnya Anda bisa menerapkan strategi perampingan secara mudah namun harus menjadi bagian dari gaya hidup. Enam langkah ini salah satunya:

Sarapan
Penelitian membuktikan bahwa rutin sarapan akan menjaga berat badan. Tetapi menu yang dipilih sebaiknya rendah lemak, mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta dilengkapi serat.

Makan makanan rendah kalori

Isilah piring Anda dengan makanan rendah kalori seperti buah-buahan, sayur, atau karbohidrat kompleks. Makanan ini membuat perut lebih lama kenyang sehingga Anda tidak akan "kalap" saat melihat makanan lain.

Mulai dengan Sup

Saat makan siang atau makan malam, pilihlh menu sup berbasis nabati atau berisi sayur-sayuran. Sup akan mengatasi rasa lapar berlebihan sehingga Anda tidak akan tergoda untuk menikmati makanan dengan kalori tinggi.

Datang terlambat
Datang terlambat saat acara pesta atau perjamuan makan akan membuat porsi makan Anda berkurang.

Bagilah menu makan siang

Saat makan siang tiba, cobalah untuk membagi menu menjadi setengah dimakan saat makan siang, setengahnya lagi Anda nikmati menjelang sore hari.

Tukar mayones dengan mustard
Satu sendok teh mayones memiliki 100 kalori, sedangkan satu sendok teh mustard memiliki 10 kalori.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com