Sabtu, 29 Agustus 2015

Health

KONSULTASI KESEHATAN JIWA dr Andri, SpKJ, FAPM
Bersama dr Andri,SpKJ,FAPM Psikiater dengan kekhususan di bidang Psikosomatik Medis dan Psikiatri Liaison. Penanggung jawab Klinik Psikosomatik RS Omni, Alam Sutera, Tangerang. Anggota dari American Psychosomatic Society dan Fellow of The Academy of Psychosomatic Medicine

Istri Berubah Drastis Usai Melahirkan

Sabtu, 4 Agustus 2012 | 07:23 WIB

TANYA :

Dok, saya mempunyai istri yang baru saja melahirkan. Dia melahirkan melalui proses yang sulit. Setelah melahirkan, istri saya berubah drastis. Sampai saat ini dia tidak mau memegang dan merawat anak kami.  Dia banyak mengurung di kamar, tidak mau melakukan apa-apa. Kadang diajak komunikasi tidak nyambung. Ia juga kadang suka tertawa dan menangis secara bersamaan, bahkan pernah sekali waktu dia membenturkan kepalanya ke tembok, dia selalu bilang ga mau punya anak. Terkadang dia menyuruh saya umtuk memberikan anak kami kepada orang lain. Saya sangat khawatir dengan kondisi istri saya. Sebenarnya apa yang terjadi dengan istri saya? Sebab sebelumnya istri saya adalah orang yang ceria dan pekerja keras. Anak kami sudah umur 3 bulan tapi istri saya tetap tidak mau merawat, sehingga kami memerlukan bantuan orang lain untuk merawat anak kami. Solusi apa yang harus saya ambil.

(Yohanes 28, Surabaya)

JAWAB :


Pak Yohanes yang baik,
Saya berempati mendengarkan cerita yang dialami ibu dan bapak sekeluarga. Gejala-gejala yang dialami ibu mirip dengan suatu gangguan jiwa yang sering terjadi pasca melahirkan yaitu Depresi pasca melahirkan atau Gangguan Psikotik pasca melahirkan. Saya pernah menuliskan tentang hal ini di blog Kompasiana http://kesehatan.kompasiana.com/ibu-dan-anak/2010/06/04/depresi-pasca-melahirkan/.

Untuk lebih baiknya segera dibawa ke psikiater untuk mendapatkan perawatan yang baik. Kondisi ini walaupun tidak terlalu banyak prevalensinya tetapi cukup sering dikhawatirkan membuat penurunan kualitas hidup ibu dan anaknya. Anak yang dirawat oleh ibu yang mengalami depresi juga perkembangan fisik dan psikologisnya akan mengalami keterlambatan.

Itulah mengapa penanganan segera perlu dilakukan. Perlu diingat bahwa kondisi yang dialami oleh istri bapak sepertinya bukanlah kondisi normal psikologis yang kerap terjadi pada ibu pasca melahirkan yang disebut baby blues. Semoga bisa segera mencari perawatan psikiatri.

Salam Sehat Jiwa

 

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat