Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkes Resmikan Laboratorium HIV/AIDS Papua

Kompas.com - 06/08/2012, 15:17 WIB
Josie Susilo Hardianto

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Senin (6/8/2012), di Jayapura, Papua, meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah, Pusat Rujukan HIV/AIDS, di Papua. Selain itu, Menteri Kesehatan juga meresmikan Pusat Pengendalian AIDS, Tuberkulosis, dan Malaria Papua.

Peresmian itu menandai upaya khusus pemerintah untuk menangani penyebaran virus tersebut di Papua. Peresmian itu dilakukan di Sasana Krida Kompleks Kantor Gubernur Papua. Hadir dalam peresmian itu antara lain Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Papua Constant Karma, Pejabat Gubernur Papua Syamsul Arief Rifai, serta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Josef Rinta.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menegaskan, HIV dan AIDS harus dilawan bersama-sama mulai dari hulu hingga hilir.

"Untuk melawan HIV/AIDS, kita menerapkan strategi total football. Mulai dari pendidik, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, hingga pemerintah," kata Nafsiah Mboi.

Saat ini di Papua setidaknya tercatat 12.187 kasus HIV/AIDS. Kasus itu tersebar di sejumlah wilayah, termasuk di wilayah pedalaman di Pegunungan Tengah Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com