Minggu, 30 Agustus 2015

Health

Swasta Harus Bayar THR Seminggu Sebelum Lebaran

Rabu, 8 Agustus 2012 | 04:17 WIB

KOLAKA, KOMPAS.com - Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan Kota Kolaka Sulawesi Tenggara mendesak seluruh pihak swasta yang ada di Kolaka untuk membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada para karyawan, tujuh hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Ini merupakan tindak lanjut dari imbauan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi beberapa hari yang lalu. Kepala Dinas Nakertrans Kolaka, Khaerun Dahlan, mengatakan pihaknya telah mengedarkan surat yang sifatnya mengingat pada seluruh pengusaha yang swasta yang ada di Kolaka dan hal tersewbut harus dipenuhi.

"Kami imbau kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Kolaka untuk membayarkan THR bagi pekerja seminggu sebelum lebaran. Kita telah berikan surat tersebut kepada perusahaan agar bisa segera mengantisipasi hal tersebut," ungkapnya, Selasa (7/8/2012).

Ketentuan besaran THR yang akan dibayarkan oleh pihak perusahaan kepada karyawan adalah sebesar satu bulan gaji sesuai dengan aturan yang ada. Untuk itu, ia berharap agar semua perusahaan yang telah memperkerjakan karyawan harus patuh terhadap aturan yang ada dan wajib membayarkan THR.

"Kalau jumlah karyawan itu saya lupa ada berapa banyaknya, yang jelasnya ribuan-lah. Karena kita di Kolaka itu terdapat ratusan perusahaan swasta yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari perkantoran hingga pekerja lapangan," ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Kolaka, Suparman Sultan
Editor : Glori K. Wadrianto