Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2012, 14:40 WIB

TANYA:
 
Salam hangat, Saya memiliki adik perempuan yang usianya 20 tahun, TB 157cm, BB 55 kg. Akhir-akhir ini dia sering sesak nafas, dan setelah berobat diagnosanya asma bronkhitis. Yang saya tanyakan, apa itu asma bronkhitis, itu termasuk penyakit menular tidak? Dan apa penyakit tersebut bisa sembuh, serta apa pantangan makanannya? Terimakasih.
 
Sari (26), Yogya
 
JAWAB :
ibu Santi yang baik,
Asma bronkial adalah salah satu penyakit alergi. Gejala asma pada dewasa biasanya sesak napas (dengan berbagai derajat serangan), bunyi napas ngik-ngik (mengi) dan sering disertai batuk-batuk. Gejala asma dapat timbul bila pasien terpapar oleh pencetus seperti udara dingin, debu, asap (rokok, kendaraan, obat nyamuk dan sebagainya).

Berdasarkan hal tersebut maka pendekatan terapi yang baik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat menimbulkan gejala serangan asmanya muncul. Obat hanya untuk menghilangkan gejala saat kambuh. Asma tidak menular namun sifat alergi yang dimiliki dapat diturunkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com