Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2012, 08:15 WIB

TANYA :

Dok, penis saya kalau sedang ereksi bentuknya melengkung ke bawah, tidak ke atas seperti kebanyakan yang digambarkan. Berdasarkan artikel-artikel yang saya baca di internet, penis saya tidak termasuk peyronie disease karena tidak bengkok atau nyeri saat ereksi. Yang ingin saya tanyakan, apakah normal dengan kondisi penis seperti itu? Dapatkah penis saya ereksi ke atas melalui terapi tertentu? Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang diberikan.

(Rudi, 26, Jakarta)


JAWAB
:

Pada umummya, penis yang mengalami ereksi terangkat ke atas, tetapi tidak harus lurus. Artinya, mungkin saja mengarah ke kiri atau ke kanan. Melengkung ke bawah mungkin saja asal tidak berlebihan.

Kalau sampai berlebihan, ini tergolong tidak normal dan akan mengganggu hubungan seksual. Tetapi, sekian lama saya tidak pernah menjumpai gangguan yang seperti ini. Kalau Anda ingin tahu apakah penis Anda yang melengkung itu tergolong normal atau tidak, perhatikan hal berikut.

Pertama, apakah mengalami kesulitan ketika masuk ke vagina. Kedua, apakah terasa sakit ketika melakukan hubungan seksual. Kalau pada kedua hal ini tidak terjadi gangguan, berarti Anda normal.

Silakan berkonsultasi lebih lanjut dan mendapat pemeriksaan untuk memastikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com