Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Foto PD II Akan Dipamerkan Saat Sail Morotai

Kompas.com - 09/08/2012, 10:30 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com -- Sebanyak 60 foto yang diabadikan saat Perang Dunia (PD) II siap dipajangkan saat pelaksanaan Sail Morotai, 15 September 2012. Foto-foto ini merupakan peristiwa penyerangan pasukan sekutu terhadap Jepang di Pulau Morotai pada tahun 1944.

Rencananya, foto-foto tersebut akan dipajangkan di Museum PD II yang ada di Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, atau tepatnya di lokasi pelaksanaan Sail Morotai.

Gubernur Maluku Utara Thaib Armaiyn mengatakan, saat kunjungannya ke Australia beberapa waktu lalu pihak Negeri Kanguru itu bersedia menyerahkan foto-foto PD II yang berkaitan dengan Morotai untuk dipajang di Museum PD II yang ada di Morotai.

Menurut Thaib, di Australia terdapat 3.000 foto tentang PD II, termasuk di antaranya 87 buah gambar bergerak alias film. Banyak pula foto-foto tersebut diambil di Pulau Morotai, Pulau Irian dan Pulau Kalimantan. Dalam rangka menyukseskan Sail Morotai, Gubernur meminta sebanyak 60 foto yang berkaitan dengan Morotai agar dipajang di Museum PD II Morotai.

"60 foto itu sudah mereka berikan, dan sekarang saya lagi buat bingkainya di Jakarta. Kalau sudah selesai langsung dibawa ke sini (Morotai)," ungkap Thaib di Morotai, Kamis (9/8/2012).

Untuk film, Thaib berencana meminta 2-3 buah salinannya untuk bisa disajikan di Museum PD II, dan akan diputar pada saat Sail Morotai nanti. "Kita upayakan saat Sail itu (film, red) sudah ada di Museum, supaya saat Presiden mau resmikan museum itu sudah ada isinya," harap Thaib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com