Senin, 1 September 2014 13:48

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

Kurma yang Lezat dan Sehat

Jumat, 10 Agustus 2012 | 15:32 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SHUTTERSTOCK
Buah kurma.

Kompas.com - Kurma adalah buah yang paling populer dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Kurma segar mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan dektrosa, yang ketika dikonsumsi langsung dapat menjadi pengganti energi yang hilang.

Kurma kaya akan vitamin A, yang diketahui memiliki kandungan antioksidan dan bagus untuk penglihatan. Kelebihan lain adalah kandungan flavonoid seperti betakaroten, lutien, dan zeaxantin. Antioksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Dengan demikian, antioksidan juga melindungi tubuh dari risiko kanker usus besar, prostat, payudara, paru-paru, dan pankreas.

Zat besi juga banyak terdapat dalam kurma, selain potasium alias kalium. Potasium adalah komponen penting sel yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, potasium melindungi tubuh dari stroke dan penyakit jantung koroner.

Kurma juga kaya akan serat, yang dapat mencegah terserapnya kolesterol LDL ke dalam usus. Kurma juga merupakan laksatif yang ampuh. Serat dalam kurma juga melindungi dinding usus besar dengan mengikat unsur-unsur kimia penyebab kanker di dalam usus besar.

Selain itu, kurma juga kaya akan kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah. Magnesium penting untuk pertumbuhan tulang.

 



Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui