Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sail Morotai, Rumah Makan dan "Home Stay" Diperiksa

Kompas.com - 12/08/2012, 14:12 WIB
Kontributor Halmahera, Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Rumah makan dan tempat tinggal berupa penginapan dan home stay di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara diharapkan tidak bermasalah saat pelaksanaan Sail Morotai, September 2012. Sebab pada saat Sail dipastikan banyak tamu yang berkunjung ke Morotai.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemkab Pulau Morotai melalui masing-masing Dinas Kesehatannya gencar melakukan pemeriksaan terhadap makanan dan pemilik rumah makan dan hotel termasuk lingkungan di sekitarnya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat para tamu mengunjungi Morotai.

"Sail Morotai nanti banyak tamu yang datang. Otomatis mereka tinggal di sini dan makan di sini. Kita tidak mau ada masalah dan tidak meninggalkan kesan buruk kepada tamu sehingga semua rumah makan dan penginapan termasuk home stay kita diperiksa," jelas Kepala Dinas Kesehatan Pulau Morotai, Kausil Umakaapa, Sabtu (11/8/2012).

Pemeriksaan diutamakan pada masalah kesehatan. Kausil menjelaskan, setiap makanan pada rumah makan harus dipastikan tidak ada masalah. Ini untuk menghindari keluhan keracunan makanan bagi para pengunjung yang mau mencicipi makanan di setiap rumah makan di Morotai. Termasuk juga lingkungan sekitar yang mendukung kebersihannya.

"Siapa yang mau makan kalau lingkungannya kotor? Jadi ini yang mau kita periksa. Rumah makan maupun penginapan harus bersih," tandas Kausil.

Terlebih lagi untuk para pemilik rumah makan maupun pemilik penginapan dan homestay, harus dipastikan tidak ada yang mengidap penyakit menular.

"Apalagi pemilik homestay, jangan sampai ada yang penyakit menular. Karena ini akan membuat tamu merasa tidak nyaman," tambahnya.

Rencananya, pemeriksaan terhadap rumah makan, penginapan dan home stay itu dilakukan dalam jangka waktu empat hari. Sebab pemeriksaan itu difokuskan di pusat Kota Daruba sebagai pusat kegiatan Sail Morotai.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala karena ada juga tenaga medis dari provinsi yang membantu kita," harap Kausil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com