Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maunya Cuma Sufor, Bagaimana Agar Bayi Mau Menyusu Lagi?

Kompas.com - 15/08/2012, 09:22 WIB

TANYA : 

Saya seorang ibu yang mempunyai bayi usia 7 bulan 2 minggu. Dulu bayi saya sempat mendapatkan ASI. Tetapi sekarang sudah tak lagi menyusu secara langsung selama 1 bulan kemarin, karena saya bekerja dan bayi saya diselingi dengan susu formula dari sejak usia 3 bulan. Waktu usia bayi 3 bulan, pagi-sore saya berikan susu formula, sore-malam saya berikan ASI. Awalnya, bayi saya masih mau, tetapi beranjak di usia 5-6 bulan, bayi saya sudah tidak mau menyusu secara langsung. Maunya hanya susu formula.

Kadang jam 01.00 malam bayi saya mau menyusui. Saya usahakan dulu memberi  ASI, tetapi bayi saya malah menangis dan maunya susu formula.  Sebenarnya saya sedih, mengapa bayi saya tidak mau lagi dengan ASI saya. Saya masih menginginkan bayi saya meminum ASI dari saya, tetapi sekarang air ASI saya sudah tidak keluar banyak hanya sedikit, mungkin hanya beberapa tetes. Bagaimana solusi agar bayi saya masih bisa untuk menyusui ASI lagi? atau memang sudah tidak bisa untuk saya memberikan ASI. Apakah hal ini juga dipengaruhi faktor  saya yang bekerja? Mohon bantuan dan solusinya.. Terima kasih

(Yuka, 28, Jakarta Pusat)

JAWAB :

Dear bunda Yuka,

Pemberian formula, apalagi menggunakan dot, dapat mengurangi produksi ASI karena payudara tidak dirangsang sesuai kebutuhan bayi, dan dot bisa menyebabkan bingung puting (bayi tidak mau menyusu pada payudara)

Bila ingin kembali menyusui langsung dari payudara (relaktasi), yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan mental. Tidak mudah, tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Kemudian, bayi harus lepas dari penggunaan dot, serta perbanyak kontak kulit dengan bayi.

Untuk lebih jelasnya, saya sarankan bertemu dengan konselor laktasi. Untuk di Jakarta bisa hub 021-72787243/72790165 jam kerja hari kerja, konseling@aimi-asi.org.

Semoga sukses ya bunda :)

Andriana Chaizir, Ketua AIMI Jawa Barat dan Konselor Menyusui.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com