Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2012, 14:36 WIB

Kompas.com - Gangguan tidur telah menjadi masalah jutaan orang dewasa ini. Padahal, supaya tubuh selalu dalam kondisi sehat dan bugar kita disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, cobalah berlatih yoga.   

Penelitian yang dilakukan tim dari Harvard Medical School menyimpulkan, latihan pernapasan dan pemusatan perhatian seperti dalam latihan yoga diketahui efektif menjauhkan gangguan tidur seperti insomnia.

Penelitian dilakukan terhadap 20 orang yang berlatih yoga sebelum jam tidur selama delapan minggu. Para partisipan juga diminta menuliskan dalam diary kesulitan tidur selama dua minggu sebelum berlatih yoga, dan selama 8 minggu berlatih yoga.

Setelah berlatih yoga, para partisipan mengaku mengalami peningkatan kualitas tidur dan total waktu tidur, dibandingkan sebelum berlatih yoga.

"Yoga adalah terapi yang efektif karena mengurangi efek fisik dan psikologi akibat insomnia," kata Sat Bir Khalsa, asisten profesor pengobatan di Harvard Medical School.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Menopause juga disebutkan manfaat yoga untuk mengurangi gangguan tidur dan gejala menopause. Seluruh partisipan penelitian ini menderita insomnia dan tidak mendapat terapi hormon.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com