Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidur Tampak Lelah Akibat Ngorok, Kemana Harus Berobat?

Kompas.com - 16/08/2012, 09:22 WIB

TANYA :

Selamat siang Dok, Saya ingin menanyakan seputar gangguan tidur yg dialami oleh anak sulung saya, umur saat ini 5 tahun 2 bulan. Saya tidak persis ingat sejak kapan dia mulai ngorok, tapi yang jelas saat ini kalau tidur saya perhatikan dia sangat lelah. Kadang juga seperti mengalami henti napas. Dulu ketika berumur 3 tahunan rasanya belum demikian. Apa yg harus kami lakukan Dok? Kami belum pernah mengkonsultasikan hal ini. Apakah hanya di RS Premier Bintaro pemeriksaan ini bisa dilakukan? Terima kasih.

(Tiurma, 36 tahun, Batam, email tambunanerna76@gmail.com)


JAWAB :

Ibu Tiurma, anak kecil yang mendengkur sebagian besar penyebabnya adalah amandel yang membesar meskipun tidak selalu itu yang jadi penyebabnya, bisa saja karena ada kelainan bentuk wajah atau bentuk lidah yang besar atau faktor kegemukan.

Sebaiknya ibu membawa anak ibu untuk konsultasi dengan dokter THT terlebih dahulu. Untuk pemeriksaan bisa di lakukan di RS Premier Bintaro namun jika ibu tinggal di Batam, mungkin ibu bisa mencari informasi ke dokter THT di RS besar yang ada di Batam.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja
Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com