Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Banjir Kecil, Dinas PU DKI Tetap Siaga

Kompas.com - 16/08/2012, 12:35 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca di Jakarta memang terbilang cerah beberapa hari terakhir ini. Namun, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta tetap siaga untuk mengatasi banjir yang ditakutkan terjadi pada saat Lebaran dan sebagian warga tengah mudik.

Wakil Kepala Dinas PU DKI Jakarta, Tarjuki, mengatakan, cuaca hingga akhir pekan ini diperkirakan tetap cerah. Kendati demikian, pihaknya tetap waspada akan ancaman hujan lokal maupun banjiir kiriman. "Kami sudah siagakan seluruh pompa, dan personel. Untuk jadwal kerja, sudah diatur. Tapi jika keadaan darurat, pegawai yang sedang di luar kota pun harus kembali ke Jakarta," kata Tarjuki, di Jakarta, Kamis (16/8/2012).

Saat ini, di Jakarta tersedia 344 unit pompa yang siap boperasi dan tersebar di 120 lokasi yang rawan banjir. Kemudian para petugas pengendali banjir ini akan berjaga 55 lokasi waduk pengendali banjir, 93 unit pintu air pengendali banjir, 51 lokasi posko piket banjir dan 7 titik pantau sistem peringatan dini.

Tidak hanya itu, Jakarta juga mempunyai 17 lokasi penakar curah hujan, 26 situ dan waduk retensi, 47 polder, 442 kilometer saluran makro dan sub makro serta 1.537 kilometer saluran penghubung dan mikro yang dapat menyerap air saat hujan.

"Warga yang akan mudik tidak perlu khawatir banjir. Terkait cuaca, kami siap menghadapi berbagai kemungkinan," ujar Tarjuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com