Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2012, 17:19 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mengalami kesulitan memakai cincin pernikahan di jari manis setelah pulang dari bekerja. Padahal, beberapa bulan sebelumnya saat dipakai cicin itu terasa pas. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi pada jari-jari Anda? Mengapa jari terlihat menggemuk alias bengkak?

Para ahli mengatakan, jari-jari manusia bisa saja membengkak. Ini mungkin terjadi karena pada jari terdapat timbunan cairan. Pembengkakan pada jaringan tubuh dikenal sebagai edema. Pembengkakan bisa terjadi akibat akumulasi cairan yang berlebihan di bawah kulit dan di dalam jaringan yang tidak terbuang.

Tumpukan cairan penyebab bengkak ini umum terjadi pada kaki, kaki bagian bawah, lengan, wajah, dan perut. Timbunan ini terjadi karena asupan natrium (sodium)  yang tinggi yang berasal dari makanan . Tingginya kadar natrium membuat tubuh mempertahankan kelebihan cairan dan bengkak. Untuk menyiasati pembengkakan, maka perlu mengatur pola makan dan menghindari beberapa jenis makanan.

Mengendalikan asupan natrium dalam menu harian dapat memperbaiki edema, terutama mencegah risiko sakit jantung. Menurut  American Heart Association (AHA), Anda sebaiknya membatasi asupan natrium dengan menekan konsumsi garam kurang dari 1.500 mg.

Makanan yang dihindari adalah makanan dengan kandungan natrium tinggi seperti kecap, pizza, kentang goreng, keju, zaitun, dan makanan olahan seperti keripik kentang. Sedangkan untuk mengurangi kelebihan air pada jaringan tubuh, seseorang perlu mengkonsumsi dandelion, buah dan sayur, seledri dan teh seperti peppermint, jahe dan chamomile.

Dandelion akan membantu meredakan perut kembung, selain itu tanaman ini rendah lemak jenuh, rendah kolesterol. Dandelion juga merupakan sumber folat, fosfor, magnesium, tembaga serta kaya serat.

Buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang membantu membersihkan tubuh dari kelebihan cairan. Seledri merupakan sayuran yang bertindak sebagai diuretik yang mengendalikan air kencing. Sedangkan konsumsi teh dapat membantu melancarkan makanan sampai ke lambung dan mengurangi kelebihan gas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com