Selasa, 23 September 2014 07:19

KONSULTASI / ANAK - ARTIKEL

KONSULTASI ANAK

Bersama Dr.Rifan Fauzie, SpA

Dokter Spesialis Anak di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta. 

Mengapa Anak 2 Tahun Belum Bisa Makan Nasi?

Rabu, 5 September 2012 | 09:38 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
TANYA:

Dok, saya punya anak usia 2 tahun. TB = 85cm, BB=11kg. Alhamdulillah anak saya aktif, usia 10 bulan sudah bisa nyebut beberapa kata, saat ini sudah mampu berkomunikasi dan mengerti konteks pembicaraan.
 
Permasalahannya adalah sampai sekarang (usia 2 tahun) belum bisa makan nasi, atau makan makanan yang memerlukan aktifitas mengunyah, sehingga harus diblender terlebih dahulu. Untuk motoriknya menurut pengamatan saya sangat-sangat baik, daya ingat sangat baik. Gigi juga sudah banyak sesuai usianya. Apakah ada kiat untuk mengatasi anak yang malas mengunyah?
 
(Erwin Yuswanto, 35, Cirebon)

JAWAB :

Seusia dia semestinya ia sudah harus bisa mengunyah makanan padat seperti orang dewasa. Namun sayangnya Bapak tidak menyebutkan kenapa ia tidak bisa? apakah karena ia menolak? Melepeh? Dimuntahkan? Bagaimana dengan jenis makanan padat lain seperti roti, buah, crackers/biskuit dan sebagainya?

Sebagian anak menolak jenis makanan tertentu karena ia memilih-milih jenis makanan hanya yang ia inginkan saja (picky eaters). Faktor psikologis (rasa nyaman, aman, tenang, gembira), kesabaran dari pihak orangtua/pengasuh, variasi jenis dan rasa makanan, suasana saat makan, dan sebagainya dapat mempengaruhi proses makan pada anak.

Yang penting adalah memenuhi semua kebutuhan tersebut disaat ia makan dan terus melatihnya mengkonsumsi jenis makanan yang lebih bertekstur/lebih padat secara bertahap sampai ia mampu dan mau melakukannya.

Editor :
Lusia Kus Anna
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui