Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2012, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Wajahnya terlihat terkejut saat memasuki ballroom Mandarin Oriental Hotel, Jakarta, Selasa (4/9/2012) lalu. DR. Martha Tilaar tak pernah menduga kalau keluarga, staf dan segenap sahabatnya menggelar pesta kejutan baginya.

"Anak-anak saya luar biasa sekali, padahal saya sudah menuduh mereka lupa tadi. Ada yang ulang tahun kok cuek aja, nyelonong pergi," ujarnya berkelakar senang. Lalu ia pun mengucapkan perasaan senang dan terharunya pada seluruh hadirin akan usaha orang di sekitar untuk menggelar pesta ini.

Nama Martha Tilaar bisa dikatakan sebuah nama yang mengukir sejarah pada industri kecantikan dalam negeri. Ia adalah sosok perempuan Indonesia yang mengembangkan bisnis kecantikan sekaligus melestarikan budaya Indonesia. Hingga saat ini masih serius bekerja mengenalkan budaya Indonesia pada dunia dengan produk-produknya yang juga di lempar ke pasar Internasional.

"Saya ingat awal memulai usaha ini dianggap gila. Lulusan Amerika kok belajar sama dukun. Tapi suami saya bilang tak usah didengarkan. Seorang dukun sama dengan satu perpustakaan," Kenang DR. Martha Tilaar.

Semangat terus menggali kekayaan Indonesia dalam bidang kecantikan dan melestarikannya pun terus membara. Bahkan di usianya yang ke 75 beliau masih aktif bekerja dan terlihat segar bugar.

Perempuan lulusan dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS, ini memulai usahanya dengan membuka salon kecantikan dan mengunakan produk kecantikan dari Eropa. dan usahanya langsung sukses saat itu.

Saat melihat tren ke depan bahwa, bisnis kecantikan akan kembali ke bahan alam. Itu terjadi pada tahun 1970-an. Perempuan visioner ini pun mulai memepelajari manuskrip kuno perawatan kecantikan menyeluruh dari tradisi leluhur.

Meskipun ia harus merubah konsep salonnya yang telah sukses dengan memasukkan jamu dan perawatan tradisional ke dalamnya. Sebuah keberanian dan risiko yang besar harus diambil. Sebab saat itu jamu dipandang sebelah mata  oleh kalangan menegah atas. DR. Martha pun mengembangkan resep tradisional dengan kualitas tinggi. Berkat kerja keras, usahanya kini menjadi raksasa bisnis kecantikan Indonesia yang terdepan.

"Saat pertama kali menawarkan kosmetik ke mal-mal saya pernah ditolak katanya tidak level. Tapi lihat sekarang produk kita bisa masuk juga," kenang DR. Martha. Kesuksesnya pun membawa PT Martina Berto di bawah pimpinannya menjadi perusahaan satu-satunya pendiri Global Compact PBB dari Asia.

Sudah sepantasnya DR. Martha Tilaar merupakan tokoh perempuan super Indonesia yang visioner dan inspiratif. Membangun usahanya dari nol dan memiliki integritas tinggi. Tak sampai disitu DR. Martha juga terkenal dengan pemberdayaan terhadap perempuan. Beliau mendirikan banyak sekolah kecantikan yang menjadi modal keterampilan bagi perempuan Indonesia.

"Kekuatan saya muncul dari motivasi dan dorongan yang diberikan oleh keluarga dan orang sekitar saya. Tanpa mereka rasanya akan sulit mejalankan peran ibu, istri dan pebisnis dengan baik. Maka, saya selalu berpikir keluarga merupakan fundamental sebuah bangsa."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com