Kamis, 23 Oktober 2014 11:30
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / SEKS - ARTIKEL

KONSULTASI SEKS

Bersama Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS 

Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi).

Terbayang Istri Bercumbu dengan Mantan Suami

Kamis, 6 September 2012 | 10:31 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
Shutterstock
Ilustrasi

 

TANYA :

Dokter, saya seorang kepala rumah tangga yang selalu dibayang-bayangi trauma yang menyakitkan akan masa lalu istri ke dua saya. Saya dulu duda ditinggal mati istri, lalu menikah dengan janda beranak satu, cerai hidup. Mantan suaminya masih mengharapkan dia, apalagi dia sering cerita mantannya sehingga saya seringkali merasa dikecewakan. Bayangan dia bersetubuh dengan mantan suaminya membuat saya sakit hati, mungkin itu perasaan cemburu saya, dan setiap akan berhubungan dengan istri pasti muncul bayangan dia dengan mantannya. Ini kadang menghantui dan mengganggu saya, rasa cinta dan sayang berubah jadi benci. Saya kadang merasa sangat mudah emosi karena alasan yang sebenarnya sepele. Saya seringkali terpancing emosi dan marah. Dok, bagaimana caranya menghilangkan trauma ini? Saya tidak mau anak dan istri saya menjadi sasaran kemarahan.

(Roni, 38, Semarang)


JAWAB :

Saya tidak tahu bagaimana Anda sampai memutuskan menikah dengan istri sekarang. Padahal mantan suaminya masih mengharapkan dia. Apalagi istri sering menceriterakan mantan suaminya. Walaupun Anda tidak ceriterakan apa yang disampaikan istri mengenai  mantan suaminya, tetapi saya menduga dia juga menyampaikan mengenai pengalaman seksualnya. Karena itu mengapa "bayangan dia bersetubuh dengan mantan suaminya" muncul dan membuat Anda "sakit hati".

Saya dapat membayangkan betapa tersiksanya Anda kalau terbayang istri sedang berhubungan seksual dengan mantan suaminya ketika Anda sedang melakukannya.

Tetapi saya pikir ada hak yang lebih penting harus Anda ketahui yaitu mengapa istri sering menceriterakan pengalaman seksualnya dengan mantan suaminya? Apakah bukan karena dia tidak mendapatkan kepuasan dari Anda? Kalau ini alasannya, maka Anda harus berupaya meningkatkan kualitas hubungan seksual Anda. Kalau kehidupan seksual dia bersama Anda memuaskan, saya pikir dia tidak akan lagi menceriterakan kehidupan seksualnya bersama mantan suaminya.

Tetapi tentu istri Anda harus punya ketegasan sikap untuk tidak memberi harapan lagi kepada mantan suaminya. Bagaimana pun dia telah terikat pernikahan dengan Anda, kecuali kalau pernikahan ini tidak diikat oleh perasaan yang dalam.

 

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui