Sabtu, 1 November 2014 00:04

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

3 Kebiasaan yang Memperpanjang Umur

Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 7 September 2012 | 11:55 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Bertambahnya usia memang tidak bisa dicegah, tetapi bagaimana kita akan menjadi tua 70 persennya tergantung pada gaya hidup yang kita jalani. Berikut adalah tiga hal yang bisa kita lakukan setiap hari untuk memastikan kita tetap bugar dan aktif meski usia terus bertambah.

1. Olahraga 30 menit setiap hari

Dalam penelitian terhadap ribuan orang sehat selama 26 tahun, mereka yang punya aktivitas fisik paling tinggi di usia pertengahan, kebanyakan tetap sehat tanpa penyakit kronis di usia tua. Angka kejadian penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penyakit "khas" lanjut usia lainnya juga berkurang.

Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk melakukan aktivitas fisik yang paling disukai, entah bersepeda, joging, yoga, atau berjalan-jalan. Bila Anda merasa "window shopping" termasuk dalam olahraga, bawalah pedometer dan pastikan Anda berjalan 10.000 langkah setiap harinya.

2. Membersihkan gigi

Sekitar 8 dari 10 orang tidak menggunakan benang gigi (floss) pasca menyikat gigi. Itu berarti sekitar 40 persen bagian gigi Anda belum bersih. Jangan sepelekan kebersihan gigi karena absen menyikat gigi dan memakai benang gigi bisa memicu periodontitis, infeksi yang bisa menyebabkan gangguan jantung.

3. Perbanyak sayur dan buah

Pola makan yang kaya serat seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan, bisa menurunkan risiko genetik terkena penyakit jantung. Mulailah batasi konsumsi daging merah dan perbanyak sumber-sumber asam lemak omega-3. Jangan lupakan kalsium karena selain baik untuk tulang, kalsium juga meningkatkan pembakaran lemak sehingga memperlambat proses perlemakan.

 


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui