Selasa, 30 September 2014 17:10
U19 banner dropdown

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Sudahkah Anda Cek Kolesterol?

Penulis : Lusia Kus Anna | Jumat, 7 September 2012 | 14:47 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Jumlah orang dewasa yang mengatakan mereka memiliki kadar kolesterol yang tinggi terus meningkat. Kabar baiknya adalah mengetahui bacaan kolesterol bisa membuat kita menanggapi masalah kolesterol secara lebih serius.

Kebanyakan perbincangan mengenai kolesterol selalu berisi angka-angka. Namun tak banyak orang yang mengetahui bahwa kolesterol adalah faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Ketika kolesterol dan lemak berkeliaran melalui sistem peredaran darah, keduanya berulangkali akan berbenturan dengan dinding-dinding arteri. Sebagian akan menempel dan mempersempit arteri sehingga bisa menyumbat aliran darah ke jantung.

Pola makan orang di zaman modern ini membuat mereka terlalu banyak mengasup sumber-sumber kolesterol sehingga angka kolesterol mereka tidak sehat.

Untuk dinyatakan normal, kadar kolesterol jahat (LDL) Anda idealnya kurang dari 100 dan kadar kolesterol baik (HDL) lebih dari 40. Sementara kadar trigliserida (TGA) sebaiknya kurang dari 150.

Kadar kolesterol harus dicek melalui pemeriksaan darah karena kebanyakan tidak bergejala sehingga orang tidak menyadari kolesterol mereka naik.

Mengetahui kadar kolesterol adalah langkah awal yang penting untuk melakukan tindakan pencegahan dan penurunan kadar kolesterol sehingga risiko Anda terkena penyakit jantung dan stroke bisa ditekan.

 


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui