Jumat, 31 Oktober 2014 11:01
Caring by Sharing | Kompas.com

NEWS & FEATURES / HEALTH CONCERN - ARTIKEL

Kenali Gejala Ambeien

Sabtu, 8 September 2012 | 17:49 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
BBC Indonesia
Dewan kota mencurigai anggaran pengadaan kertas toilet dan cangkir kertas yang besar.

Kompas.com - Ambeien, juga dikenal dengan wasir atau hemorrhoid dalam bahasa Inggris dan Latin, adalah penyakit atau gangguan pada anus. Gangguan berupa sphinchter ani atau bibir anus mengalami pembengkakan, kadang disertai perdarahan.

Pembengkakan disebabkan adanya kenaikan tekanan pada pembuluh darah di daerah panggul dan rektum. Sejalan dengan meningkatnya tekanan, darah berkumpul di pembuluh darah, memicu pembengkakan, akhirnya pembuluh darah yang bengkak itu menyebar ke jaringan di sekitarnya dan terjadilah ambeien.

Perdarahan ketika buang air besar, gatal dan rasa sakit di daerah anus adalah gejala umum ambeien.

- Ambeien eksternal: Sakit di daerah anus. Darah terkumpul di bawah kulit, membentuk benjolan keras dan sakit jika disentuh.

- Ambeien internal: Perdarahan pada anus. Mungkin ada bercak darah di toilet setelah buang air besar.
Gejala lain ambeien internal adalah gatal sebab ambeien jenis ini kadang menyerap lendir yang dapat membuat kulit sekitar anus menjadi gatal.

Iritasi pada kulit. Ambeien berukuran besar yang menonjol di anus mungkin mengeluarkan lendir yang bisa menyebabkan iritasi ringan.

Rasa sakit. Kebanyakan ambeien internal tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika ukurannya besar, bisa timbul rasa sakit bila ambeien tertekan otot yang mengendalikan anus. Rasa sakit yang amat sangat bisa jadi pertanda berhentinya suplai darah ke ambeien. Perawatan diperlukan untuk hal tersebut.

 


Sumber :
Tabloid Gaya Hidup Sehat
Editor :
Lusia Kus Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui