Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2012, 06:26 WIB

TANYA :

Dok, saya mau tanya mengenai masalah gigi di belakang geraham saya yang akan dicabut. Apakah pencabutan dapat berisiko? Dokter menganjurkan dicabut kedua gigi atas di belakang geraham tanpa difoto rontgen sebelum dipasang behel. Setahu saya, di tempat dokter lain sebelum cabut mereka rontgen dulu! Tetapi di tempat saya konsultasi, dokternya langsung ingin mencabutnya. Ketika saya bertanya apakah tidak berbahaya, dokternya hanya tersenyum dan menjawab “Gak apa-apa, aman kok cabut gigi atas tanpa rontgen”! Jadi, bagaimana menurut dokter, kira-kira aman apabila tanpa dirontgen? Apakah tidak mempengaruhi saraf dan sebagainya!

(Ani, 26, Banjarmasin)


JAWAB :

Hai Ani,

Anda akan dilakukan pencabutan gigi di belakang geraham, berarti mungkin maksud anda adalah gigi geraham kedua (gigi geraham ada 3 buah di tiap regionya, yaitu geraham satu, geraham dua, dan geraham tiga).

Prosedur yang aman untuk melakukan pencabutan gigi memang memerlukan tindakan foto rontgen gigi terlebih dahulu. Macam-macam foto rontgen gigi yang biasanya diperlukan dalam prosedur pencabutan gigi ada 2 macam, yaitu foto rontgen panoramik dan foto periapikal.

Foto panoramik termasuk foto ekstraoral (di luar mulut), yaitu prosedur foto rontgen dengan meletakkan film atau sensor di luar mulut. Foto panoramik berfungsi mendeteksi adanya retak tulang rahang bawah, dan kelainan tulang rahang bawah lainnya.

Sedangkan foto periapikal termasuk foto intraoral (di dalam mulut), yaitu prosedur foto rontgen dengan meletakkan film di dalam mulut. Foto periapikal berfungsi melihat secara spesifik salah satu gigi dan jaringan pendukungnya.

Seorang Dokter Gigi bisa saja mencabut gigi tanpa panduan foto rontgen gigi terlebih dahulu. Hal ini memungkinkan pada saat kondisi klinis gigi dengan posisi normal, tidak miring, terletak dalam lengkung giginya, serta saat diyakini tidak akan ada komplikasi pencabutan.

Namun, untuk lebih amannya, sebaiknya dilakukan foto rontgen gigi terlebih dahulu. Posisi akar gigi yang tidak terlihat secara langsung oleh Dokter Gigi, hanya dapat terlihat melalui bantuan foto rontgen gigi.

Sedangkan masalah komplikasi pencabutan gigi geraham atas, dapat anda lihat pada jawaban konsultasi tanggal 29 Juni 2012 mengenai risiko mencabut gigi geraham.

Demikian Ani, semoga cukup jelas dan memuaskan.

Salam gigi sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com