Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2012, 11:59 WIB

Kompas.com - Vitamin A memang identik dengan kesehatan mata, padahal kaitan antara vitamin A dengan penyakit kanker, khususnya kanker prostat tak kalah erat.

Kekurangan asam retinoic yang merupakan turunan dari vitamin A, akan menyebabkan sel-sel kanker prostat menjadi lebih kuat. "Jika kadar vitamin A dalam tubuh rendah, sel punca kanker lebih kuat dan mudah membelah diri. Bila vitamin A tercukupi maka sel kanker mudah dibunuh oleh kemoterapi," kata Norman Maitland dari Universitas York.

Maitland dan timnya kini terus meneliti manfaat vitamin A dalam pengobatan kanker. Ia mengatakan penggunaan vitamin A dalam dosis rendah memiliki dampak lebih kuat.

"Para dokter telah memakai vitamin A untuk membunuh sel kanker, tetapi yang kita perlukan adalah menggunakan vitamin itu untuk mengubah sel-sel kanker sehingga mereka lebih mudah dibunuh," katanya.

Meskipun dalam penelitian yang dilakukannya tidak terkait dengan asupan vitamin A dari makanan sehari-hari, namun menurutnya kadar vitamin A yang tinggi dalam tubuh bisa membantu terapi pengobatan kanker.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com