Kamis, 23 Oktober 2014 21:27
Caring by Sharing | Kompas.com

KONSULTASI / KESEHATAN GIGI & MULUT - ARTIKEL

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT

Bersama drg. Citra Kusumasari, SpKG

Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Saat ini, Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi ini, berpraktik di berbagai klinik di Jakarta. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nurfa Praktek Dokter Gigi Spesialis. Jl. Anugerah Raya No. 35 C Jaticempaka Pondok Gede - Bekasi 17411 Telp. (021) 84978739

Pasang Behel di Ahli Gigi, Bahayakah?

Selasa, 11 September 2012 | 11:50 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

TANYA :

Dear Drg. Citra, Saya berencana mau merapikan gigi saya dengan pasang kawat gigi (behel). Tetapi, jika pasang kawat gigi di dokter gigi itu kan biayanya memang cukup mahal. Kebetulan ada teman saya yang menyarankan untuk pasang kawat gigi di ahli gigi yang memang biayanya bisa setengahnya. Yang saya mau tanyakan, jikalau saya pasang kawat gigi di ahli gigi bukan dokter gigi itu apakah tidak akan menimbulkan ada risiko atau efek samping ke depannya?  Jawaban dan sarannya saya tunggu. Terimakasih.

(Gadis, 20, Bandung)


JAWAB :

Halo Gadis,

Pemasangan kawat gigi selain di dokter gigi spesialis ortodonti (spesialis pemasangan kawat gigi) tentulah sangat tidak tepat dan menimbulkan resiko. Mengapa demikian?, karena seorang “ahli gigi” tidak memiliki kemampuan klinis yang terpadu dengan ilmu pengetahuan mengenai anatomi rongga mulut, kesehatan, serta ilmu pendukung lainnya.

Pemasangan kawat gigi tidak boleh sembarangan, karena harus melalui berbagai prosedur pemeriksaan klinis dan analisa yang cukup rumit, di antaranya analisa model gigi anda, analisa foto rontgen panoramik dan cephalometrik. Kesimpulan dari hasil analisa tersebut mencakup perlu dilakukan pencabutan atau tidak, pelebaran rahang atau tidak, pengasahan gigi atau tidak, pemilihan alat dan bahan ortodonsia yang tepat, serta perkiraan hasil akhir perawatan.

Berbagai persyaratan kondisi rongga mulut untuk pemasangan kawat gigi-pun cukup banyak, misalnya tidak boleh ada karang gigi, kesehatan gusi harus optimal, tidak boleh ada gigi yang berlubang, serta tidak boleh ada sisa akar gigi.

Sterilitas dan kebersihan alat, serta kebersihan operator juga diperlukan selama tindakan perawatan gigi. Jika tidak dipenuhi, infeksi silang antara pasien yang satu dengan yang lain, serta pasien dengan operatornya akan terjadi.

Semua prosedur di atas tentu saja tidak akan dijalani oleh seorang “ahli gigi”. Efek samping yang akan terjadi jika kawat gigi dipasang tidak sesuai prosedur adalah gigi akan bergerak secara ekstrim, yang justru akan semakin memperparah susunan gigi-geligi anda, menyebabkan gusi meradang, sehingga gigi anda akan mengalami kegoyangan yang hebat. Kemungkinan lainnya adalah gigitan antara gigi atas dan gigi bawah juga tidak akan harmonis dan terjadinya nyeri pada sendi rahang anda.

Penjelasan mengapa tarif pemasangan kawat gigi di dokter gigi spesialis ortodonti cukup mahal, dapat anda lihat di artikel mengenai Ragu Pasang Kawat Gigi Karena Takut dan Mahal pada tanggal 18 Juli 2012.

 


Editor :
Asep Candra
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui