Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2012, 11:50 WIB

TANYA :

Dear Drg. Citra, Saya berencana mau merapikan gigi saya dengan pasang kawat gigi (behel). Tetapi, jika pasang kawat gigi di dokter gigi itu kan biayanya memang cukup mahal. Kebetulan ada teman saya yang menyarankan untuk pasang kawat gigi di ahli gigi yang memang biayanya bisa setengahnya. Yang saya mau tanyakan, jikalau saya pasang kawat gigi di ahli gigi bukan dokter gigi itu apakah tidak akan menimbulkan ada risiko atau efek samping ke depannya?  Jawaban dan sarannya saya tunggu. Terimakasih.

(Gadis, 20, Bandung)

JAWAB :

Halo Gadis,

Pemasangan kawat gigi selain di dokter gigi spesialis ortodonti (spesialis pemasangan kawat gigi) tentulah sangat tidak tepat dan menimbulkan resiko. Mengapa demikian?, karena seorang “ahli gigi” tidak memiliki kemampuan klinis yang terpadu dengan ilmu pengetahuan mengenai anatomi rongga mulut, kesehatan, serta ilmu pendukung lainnya.

Pemasangan kawat gigi tidak boleh sembarangan, karena harus melalui berbagai prosedur pemeriksaan klinis dan analisa yang cukup rumit, di antaranya analisa model gigi anda, analisa foto rontgen panoramik dan cephalometrik. Kesimpulan dari hasil analisa tersebut mencakup perlu dilakukan pencabutan atau tidak, pelebaran rahang atau tidak, pengasahan gigi atau tidak, pemilihan alat dan bahan ortodonsia yang tepat, serta perkiraan hasil akhir perawatan.

Berbagai persyaratan kondisi rongga mulut untuk pemasangan kawat gigi-pun cukup banyak, misalnya tidak boleh ada karang gigi, kesehatan gusi harus optimal, tidak boleh ada gigi yang berlubang, serta tidak boleh ada sisa akar gigi.

Sterilitas dan kebersihan alat, serta kebersihan operator juga diperlukan selama tindakan perawatan gigi. Jika tidak dipenuhi, infeksi silang antara pasien yang satu dengan yang lain, serta pasien dengan operatornya akan terjadi.

Semua prosedur di atas tentu saja tidak akan dijalani oleh seorang “ahli gigi”. Efek samping yang akan terjadi jika kawat gigi dipasang tidak sesuai prosedur adalah gigi akan bergerak secara ekstrim, yang justru akan semakin memperparah susunan gigi-geligi anda, menyebabkan gusi meradang, sehingga gigi anda akan mengalami kegoyangan yang hebat. Kemungkinan lainnya adalah gigitan antara gigi atas dan gigi bawah juga tidak akan harmonis dan terjadinya nyeri pada sendi rahang anda.

Penjelasan mengapa tarif pemasangan kawat gigi di dokter gigi spesialis ortodonti cukup mahal, dapat anda lihat di artikel mengenai Ragu Pasang Kawat Gigi Karena Takut dan Mahal pada tanggal 18 Juli 2012.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com