Kamis, 23 Oktober 2014 19:26
Caring by Sharing | Kompas.com

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Periksa Gigi Gratis di 15 Fakultas Kedokteran Gigi

Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 12 September 2012 | 14:38 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
SURYA/SUGIHARTO
Salah seorang dokter gigi memeriksa gigi murid SD yang ikut dalam bakti sosial pemeriksaan gigi gratis di Kampus Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (20/7/2010). Kegiatan yang digelar Pepsodent bersama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) ini untuk memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional.

DENPASAR, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat memeriksakan giginya ke dokter gigi, PT.Unilever Indonesia bekerjasama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia mengadakan Bulan Kesehatan Gigi Nasional yang dibuka hari ini, Rabu (12/9) di Denpasar, Bali.

Selama kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, masyarakat bisa memeriksakan giginya secara gratis di rumah sakit gigi dan mulut yang dikelola Fakultas Kedokteran Gigi di 12 kota di Indonesia mulai 12 September sampai 7 November 2012. Menurut drg.Ratu Mirah Afifah, Profesional Relationship Manager Oral Care Unilever Indonesia, perawatan gigi yang tersedia meliputi penambalan sederhana yang tidak melibatkan perawatan saraf, pembersihan karang gigi, pencabutan, dan aplikasi fluoride.

"Tiap orang hanya bisa memilih salah satu perawatan saja supaya makin banyak orang yang terjangkau," kata drg.Mirah dalam acara press conference Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Ketua PGDI Zaura Rini Anggraeni mengungkapkan, kualitas kesehatan gigi masyarakat Indonesia masih rendah. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2007, kasus penyakit gigi dan mulut ditemui pada lebih dari 70 persen penduduk Indonesia dengan rata-rata 5 gigi rusak per orang.

"Tingkat keparahan penyakit gigi orang Indonesia adalah 75 persennya sudah pada stadium terminal sehingga harus dicabut. Ini salah satu akibat dari belum efektifnya upaya pencegahan dan masih terbatasnya masyarakat yang dapat pelayanan kesehatan gigi," kata drg Rini.

Lewat kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang tahun ini memasuki tahun ketiga, diharapkan semakin banyak masyarakat yang terjangkau. Menurut drg.Mirah, pada tahun 2010 BKGN diikuti oleh 20.000 orang dan tahun 2011 menjadi 40.000 orang. "Tahun ini dengan bertambahnya satu lagi rumah sakit gigi dan mulut yang bergabung kami targetkan 50.000 orang berpartisipasi," paparnya.

Berikut adalah jadwal pemeriksaan gigi gratis di 15 Fakultas Kedokteran Gigi: Universitas Mahasaraswati, Denpasar (12-15 September), Univ Hassanudin (17-19 Sep), Univ Indonesia (24-26 Sep), Univ Airlangga Suabaya (24-26 Sep), UGM Yogyakarta (27-29 Sep), Univ Moestopo Jakarta (1-3 Oktober), Univ Hang Tuah Suabaya (4-6 Oktober), UNPAD Bandung (8-10 Oktober), Univ Jember (11-13 Oktober), Univ Muhammadiyah Yogyakarta (15-17 Oktober), Univ Shiah Kuala Aceh (18-20 Oktober), Univ Trisakti Jakarta (22-24 Oktober), Univ Baiturrahman Padang (29-31 Oktober), Univ Sam Ratulangi Manado (1-3 November), dan Univ Sumatera Utara Medan (5-7 November).


Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui