Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2012, 09:27 WIB


TANYA:
 
Ass. dr Achmad yang terhormat. Saya sudah mengalami 3x kuretase karena keguguran ( periode 1996 - 1999). Sekarang saya sudah punya 2 anak. Pada tahun 2007 saya hamil diluar kandungan ( di tubapalopi ) sehingga harus operasi dan langsung ambil tindakan steril. Tahun 2011 saya harus kuretase lagi karena penebalan dinding rahim dan pada  sept 2012 saya mengalami kembali penebalan dinding rahim.  Yang ingin saya tanyakan, amankah atau adakah efek lain jika terlalu sering dikuret? Terima kasih
 
Elvi (41), Bandung


JAWAB:

Bu Elvi Yth, ada dua kategori kuret pada kasus ibu. Kategori pertama adalah kuret karena keguguran dan saya rasa itu sudah tidak ada masalah. Kategori kedua adalah kuret karena penebalan rahim, ini justru harus mendapat perhatian yang lebih serius. Tolong tanyakan hasil patologinya, ada beberapa alternatif yang akan disesuaikan dengan hasil kuretnya, hati-hati kalau ada perkembangan ke arah keganasan. Mudah-mudahan aman ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com