Sabtu, 5 September 2015

Health

Gangguan Tidur Anak Pengaruhi Masa Pubertas

Jumat, 14 September 2012 | 17:06 WIB

Kompas.com - Kualitas tidur yang baik pada anak-anak bukan hanya memengaruhi kekebalan tubuhnya tapi juga berpengaruh pada masa pubertasnya.

Penelitian sebelumnya menyebutkan, masa pubertas dipicu oleh perubahan otak yang aktif ketika seseorang tidur. Namun dalam studi terbaru ini menemukan bahwa proses itu berkaitan erat dengan tercapainya tidur dalam, bukan tidur secara umum.

Para peneliti dari rumah sakit anak di Boston meneliti kadar hormon anak-anak berusia 9-15 tahun saat tertidur. Salah satu hormon yang penting adalah hormon LH (Luteinizing hormone) yang memicu ovulasi pada perempuan dan merangsang produksi testosteron pada laki-laki.

Pelepasan hormon LH terutama terjadi ketika seseorang mengalami tidur yang dalam, karena itu tidur dalam sangat erat kaitannya dengan datangnya pubertas pada remaja.

"Bila bagian otak yang mengaktifkan sistem reproduksi bergantung pada tidur dalam, maka perlu diperhatikan kualitas tidur anak-anak dan praremaja," kata ketua peneliti Dr.Natalie Shaw. Apalagi anak-anak remaja saat ini dilaporkan kekurangan waktu tidur.

 

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber: