Jumat, 22 Mei 2015

Health

ASI Lindungi Anak dari Depresi Saat Dewasa

Senin, 17 September 2012 | 05:43 WIB

KOMPAS.com - Penelitian terbaru tentang manfaat air susu ibu (ASI) dari ilmuwan Jerman menyatakan, anak yang diberi ASI berisiko rendah mengalami depresi saat dewasa. Peneliti mempelajari 52 orang, rata-rata berusia 44 tahun, yang menjalani pengobatan depresi di rumah perawatan, dibandingkan dengan 106 orang sehat.

Hasilnya, 73 persen orang yang tidak depresi mendapat ASI waktu bayi, dan hanya 46 persen dari yang depresi mendapat ASI. Hubungan ini terlihat saat peneliti mengaitkan faktor yang dapat memengaruhi risiko orang depresi, seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan ibu.

Menurut peneliti, menyusui mengindikasikan kualitas hubungan ibu-bayi dan aspek lain yang dapat melindungi anak dari depresi. Bisa juga ada komponen pada ASI yang mencegah depresi. Penelitian sebelumnya mengaitkan menyusui dengan rendahnya risiko darah tinggi dan kegemukan pada masa dewasa.

Peneliti mengumumkan penelitian mereka pada awal September. Hasil penelitian mereka dimuat di jurnal Psychotherapy and Psychosomatics dan dikutip Livescience, Jumat (7/9). (Livescience/ELN)

 

Editor : Asep Candra
Sumber: