Jumat, 1 Agustus 2014 08:39

NEWS & FEATURES / HOT TOPICS - ARTIKEL

Diabetes Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 17 September 2012 | 11:37 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

Kompas.com- Wanita penderita diabetes tipe 2 yang sudah memasuki masa pasca-menopuase beresiko cukup tinggi menderita kanker payudara. Berat badan sangat berlebih atau obesitas diduga berkaitan erat dengan terjadinya kanker.

Tim peneliti internasional dalam laporannya di British Journal of Cancer, meneliti 40 penelitian mengenai kaitan antara kanker payudara dengan diabetes. Penelitian itu melibatkan lebih dari 56.000 wanita penderita kanker payudara.

Wanita yang menderita diabetes tipe 2 dan sudah memasuki masa pasca-menopause memiliki risiko kanker 27 persen. Namun peningkatan risiko itu tidak terlihat pada wanita yang menderita diabetes tipe 1.

Menurut Prof.Peter Boyle, presiden International Prevention Research Institute, para ilmuwan memang belum mengetahui secara jelas mekanisme dibalik peningkatan risiko kanker tersebut.

"Kegemukan memiliki kaitan kuat dengan diabetes tipe 2, dan efeknya lebih kepada aktivitas hormon yang mungkin berpengaruh pada proses pertumbuhan kanker," kata Boyle, yang memimpin penelitian ini.

Walaupun kaitan antara kanker payudara dengan diabetes tipe 2 belum jelas tetapi kaitannya dengan berat badan berlebih sudah jelas, karena itu para wanita disarankan untuk menjaga berat badannya tetap sehat.

 


Sumber :

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui