Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/09/2012, 17:09 WIB

TANYA :

Dok, menurut keterangan dari sang istri, kalau tidur saya suka mendengkur. Jadi, saya kalau tidur biar tidak mendengkur posisi tidurnya miring. Akan tetapi kata istri, dalam posisi miring pun saya masih juga mendengkur.Bagaimana  cara untuk mengatasinya dok? Terimakasih atas jawabannya dok.

(Karmadi, 38, Depok, sslorejo@yahoo.com)

 
JAWAB :

Pak Karmadi, jika Bapak mendengkur maka tidur dengan posisi miring memang lebih baik untuk mengatasinya karena jalan nafas menjadi lebih terbuka dengan posisi tersebut. Namun kemungkinan bisa saja ada masalah lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya Bapak melakukan konsultasi ke dokter THT atau tim dokter Sleep Clinic RSPB.

Dengan konsultasi dan Sleep Study, bisa dilihat dan diketahui tingkat dan penyebab mendengkur apakah ada kelainan di anatominya atau faktor obesitas.

Dijawab oleh : dr. Rebeka Harjati Hadipradja
Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com