Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2012, 09:24 WIB

TANYA : 

Dok, Saya sudah selama 5 tahun ini selalu tidur dengan mendengkur dan sangat keras, apakah gangguan ini bila dibiarkan terus di kemudian hari akan menjadi masalah besar, dan bagaimana cara mengobatinya ? Apakah di perlukan terapi ? Mohon bantuannya, terimakasih banyak sebelumnya...

(Kemal Didaya, 36 Tahun, Jakarta, kemal_hd@yahoo.com)


JAWAB:

Pak Kemal yang terhormat,

Saat ini, sudah diketahui bahwa tidur mendengkur itu sangat berbahaya, karena berarti kemungkinan adanya sumbatan di saluran nafas sehingga Oksigen (O2) yang kita hirup tidak optimal.

Bila kadar O2 tidak optimal dan dibiarkan lama akan menyebabkan terjadinya gangguan metabolisme dalam tubuh kita, akibatnya terjadilah penyakit-penyakit seperti DM (Diabetes Millitus), hipertensi, serangan jantung sampai impotensi.

Keadaan ini harus ditangani sedini mungkin sebelum menimbulkan komplikasi-komplikasi tersebut. Untuk mengetahui terapinya, sebaiknya dilakukan sleep study terlebih dahulu di laboratorium tidur seperti yang ada di RSPB, karena gangguan tidur yang ringan, sedang, berat akan berbeda terapinya.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja
Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com