Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2012, 11:43 WIB

TANYA :

Dok, saya mau bertanya, usia pernikahan saya sudah 12 tahun. Selama ini, kami berhubungan intim dengan memuaskan, hampir selalu istri orgasme. Tetapi yang menjadi masalah, usai hubungan intim, saya malah tidak bisa tidur, merasa segar terus, sehingga saya baru dapat tidur sekitar jam 2 pagi (kalau hubungan intim jam 10 malam). Sedangkan menurut teori, seorang pria akan tidur pulas setelah hubungan seksual. Sehingga yang kami lakukan adalah, kami lebih sering melakukan hubungan intim pagi hari (serangan fajar). Yang menjadi pertanyaan saya, mengapa setelah hubungan sesks, saya malah bertambah segar? Saya tidak mengkonsumsi obat-obatan berkenaaan dengan stamina.

(Jaka, 40, Jakarta)

JAWAB

Benar. Setelah mengalami orgasme, pada umumnya orang akan merasa rileks, senang, sehingga kemudian dapat tidur. Tetapi, bukan berarti setelah merasakan orgasme, seseorang langsung tertidur. Ada kalanya, karena orang merasa rileks dan senang, justru merasa lebih bersemangat.

Sebenarnya, hubungan seksual juga mirip dengan melakukan olahraga yang memerlukan energi. Hubungan seksual yang dilakukan sampai mencapai orgasme memerlukan energi sama dengan berjalan sepanjang 4,5 km per jam.

Tidak selalu setelah melakukan aktivitas fisik, orang akan langsung tertidur. Jadi apa yang Anda alami, bukan sesuatu yang luar biasa karena memang dapat terjadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com